Strategi yang digunakan belanda hingga dapat menduduki daerah aceh

by -15 views


Ketatanegaraan yang digunakan belanda hingga dapat menduduki negeri aceh

Dr Snouck memberikan saran strategi untuk melawan rakyat aceh, yang sreg risikonya strategi tersebut berdampak membuat masyarakat aceh terpecah belah dan ada yang memihak belanda. Kemudian strategi tersebut dikenal dengan keunggulan \"kebijakan berpunca belah\" atau pemerintah Belanda menyebutnya sebagai strategi \u00a0De vide Et Impera.<\/p>

<\/p>

Pelajari lebih jauh<\/strong><\/p>

Pelajari lebih jauh tentang strategi pecah belah pada https:\/\/brainly.co.id\/tugas\/21105763<\/p>

<\/p>

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4<\/strong><\/p>

<\/p>"}]”>

Strategi yang digunakan belanda n domestik
menghadapi perjuangan Aceh hingga bisa menduduki distrik Aceh yaitu
Politik Devide Et Impera. Kebijakan ini dalam bahasa Indonesia lumrah disebut
Ketatanegaraan Berasal Belah.

Pembahasan:

Perjuangan Aceh
terjadi karena rakyat Aceh yang tak mau mengakui kedaulatan Belanda di wilayahhnya. Perang terjadi berpunca hari 1873, perang tersebut juga terjadi karena Aceh yang diam-diam berusaha membancang belanda menguasai seluruh dae rah sumatera.

Dalam perang tersebut belanda enggak kunjung berhasil menguasai wilayah Aceh, belanda kesulitan menaklukan Aceh karena ketatanegaraan masyarakat aceh yang sangat kuat yaitu persatuan seluruh partikel yang suka-suka dalam masyarakat. Karena umum Aceh yang suntuk langgeng tersebut belanda balasannya beralih menggunakan kebijakan licik ialah dengan menyusupkan khalayak untuk mencari adv pernah apa kelemahan bersumber masyarakat aceh. Belanda mengutus Dr. Cristian Snouck Hurgronje untuk mencari tahu apa cuma yang menjadi kelamahan masyarakat aceh. Dalam misinya tersebut Dr. Cristian Snouck Hurgronje mempelajari bagaimana kehidupan masyarakat aceh dalam vitalitas beragama dengan menyamar laksana ulama yang juru berbahasa arab. Setelah lama melakukan pengkhususan Dr. Snouck menggambar hasil riset ke privat kunci “De Atjehers” yang berisi adapun spirit rakyat muslim Aceh dan wejangan kepada pemerintah Belanda kerjakan dapat menaklukan rakyat Aceh.

Dr Snouck memberikan saran strategi cak bagi melawan rakyat aceh, nan pada akhirnya strategi tersebut berhasil membuat masyarakat aceh terpecah belah dan ada yang memihak belanda. Kemudian strategi tersebut dikenal dengan merek “politik terbit belah” atau pemerintah Belanda menyebutnya ibarat garis haluan  De vide Et Impera.

Pelajari kian lanjut

Pelajari lebih lanjur tentang politik berbunga belah pada brainly.co.id/tugas/21105763

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4