Sistem pertahanan dan keamanan bangsa indonesia memiliki disebut

by -14 views

Jawaban:

Sistem pertahanan dan keamanan Nasion Indonesia n kepunyaan disebut dengan Sistem baluwarti keamanan Rakyat seberinda, (Sishankamrata). Berdasarkan sistem ini, TNI pada dasarnya merupakan atom utama benteng dan keamanan, sementara itu zarah pendukungnya yakni Seluruh rakyat Indonesia.

Penjelasan:

Yuk simak pembahasan lengkapnya sebagai berikut :

Sistem Benteng Keamanan Rakyat Semesta (SISHANKAMRATA) yaitu sistem pertahanan negara nan melibatkan seluruh penduduk negara, wilayah, serta sumber ki akal nasional. Hal tersebut termuat dalam Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2022 tentang Kebijakan Awam Pertahanan Negara Musim 2022-2024.

Intern sistem pertahanan keamanan rakyat seberinda, rakyat berfungsi sebagai kekuatan partisan. Hal ini dijelaskan dalam Pasal 30 ayat (2) Undang-Undang Dasar Perian 1945, yang berbunyi:

Usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem baluwarti dan keamanan rakyat semesta maka dari itu Barisan Kewarganegaraan Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia, bak kekuatan utama, dan rakyat, sebagai kekuatan pendukung.

Makara, sistem pertahanan dan keamanan bangsa Indonesia memiliki TNI sebagai pelindung utama nasion dan seluruh rakyat Indonesia sebagai unsur pendukungnya.


#


S


e


m


o


g


a






Bermanfaat


Jangan






Lupa






Lakukan






dijadikan






Jawaban






terbaik


Terimakasih