Sebutkan Macam Macam Zina Dan Jenis Hukumannya Menurut Ajaran Islam

Pendistribusian zina menjadi dua, yaitu ZINA MUHSAN dan ZINA GAIRU MUHSAN. Zina muhsan adalah kelakuan zina nan sudah dilakukan oleh seseorang yang telah baligh (dewasa), berlogika, merdeka, dan sudah lalu pernah menikah. Sementara itu zina gairu muhsan yaitu perbuatan zina yang mutakadim dilakukan oleh seseorang nan belum pernah menikah ataupun lajang.

Pembahasan

Zina menurut bahasa penting hubungan layaknya suami istri yang sudah mukallaf (baligh atau dewasa) tanpa ikatan pernikahan yang sah menurut syari’at Islam.

Hukum zina adalah terlarang. Hal ini dikuatkan dalam kopi al-Isra ayat 32.

Berdasarkan pembagian zina, azab yang dituruti adalah

  1. Bagi zina muhsan, hukumannya adalah dirajam  atau dilempari dengan rayuan sederhana sampai meninggal. Caranya adalah pelaku dimasukkan ke n domestik kapling sampai dada atau leher di tempat yang gempita atau banyak dilalui insan. Keadaan ini didasarkan puas hadis yang diriwayatkan makanya Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmizi, dan An-Nasa’i.
  2. Bagi zina gaitu muhsan, hukumannya adalah didera atau dipukul seratus kali dan diasingkan selama satu waktu. Hal ini didasarkan pada inskripsi an-Cuaca ayat 2 dan perbuatan nabi nabi muhammad Rasulullah saw. yang diriwayatkan maka dari itu Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah dan Zaid bin Khalid.

Pelajari lebih lanjut

Contoh perilaku menumpu zina, bisa dilihat di: brainly.co.id/tugas/10895056

——————————

Detil jawaban

Kelas: X

Mapel: Pendidikan Agama Selam dan Budi Pekerti

Bab: Menjaga Martabat Makhluk dengan Menjauhi Perantaraan Bebas dan Zina (gapura 11)

Kode: 10.14.11

Kata kunci: macam-macam zina, pembagian zina, kategori zina, hukuman zina

Source: https://brainly.co.id/tugas/94794




banner

×