sebutkan macam macam nada​

Variasi-MACAM Musik, Yaitu

  1. Irama diatonis
  2. Nada pentatonis
  3. Nada kromatis

⬇️PEMBAHASAN ⬇️

Irama adalah tinggi dan rendahnya suatu obstulen di dalam sebuah lagu. Musik menjadi elemen utama pembentuk nada selain irama, melodi, dan juga harmoni.

Di intern nada terdapat tinggi nada. Secara harfiah, janjang musik adalah urutan nada dari yang terendah setakat termulia. Jika disuarakan janjang musik akan berbunyi “do, re, mi, fa, so, la, si, do”.

Nada, mempunyai sifat-sifat, sebagai berikut

  • Pitch. Yaitu ketepatan jangkauan nada.
  • Durasi. Durasi yaitu lamanya sebuah nada harus dibunyikan.
  • Intensitas irama. ketekunan irama yaitu keras lembutnya nada nan harus dibunyikan.
  • Timbre. Merupakan warna suara yang berbeda lega tiap orang.


Tipe-


spesies






nada


,






merupakan

  • Nada diatonis

musik diatonis yakni irama yang terdiri berbunga tujuh buah musik. Nada diatonis memperalat dua spesies jarak musik, yaitu jarak 1 (satu) dan 1/2 (sepotong). Bunyi khas dimiliki nada diatonis lazimnya diperdengarkan pada musik modern atau teladan kontemporer. Tentang irama nan disusun dalam nada diatonis adalah do, re, mi, fa, sol, dan la. Nada diatonis terdiri dua macam, adalah mayor dan minor.

  • Musik pentatonis

irama pentatonis adalah irama nan memperalat panca irama muslihat (penta=lima, tone=nada) dengan jarak yang berbeda-beda. Alat musik yang biasa dimainkan buat irama pentatonis merupakan gamelan, gambang kromo, calung, tifa, dan masih banyak pula. Nada pentatonis terbagi atas dua musik, yakni slendro dan pelog.

  • Nada kromatis

nada kromatis yaitu nada yang menggunakan 12 diversifikasi nada dan semuanya bererak 1/2. Nada kromatis yaitu koleksi berpunca semua nada dalam musik. Hal itu dikarenakan nada selalu berulang oktafnya, maka nada kromatis cak acap dipakai untuk ke-12 irama berpangkal oktaf. Kendati suka-suka 12 nada dalam suatu oktaf, hanya tujuh oktaf mula-mula pecah leter yang dipakai kerjakan nama irama, ialah A, B, C, D, E, F, G. Akan halnya panca nada lain dalam nada kromatis diberi jenama dengan menempatkan label kres (#) atau Mol (b) setelah nada notasi. Jenis irama ini banyak dipakai untuk macam lagu rohani, jazz, blues, pop, dan sejumlah rock.




banner

×