Program transmigrasi sudah dilakukan sejak jaman penjajahan Belanda hingga Indonesia merdeka. Namun


Program transmigrasi sudah dilakukan sejak jaman penjajahan Belanda sebatas Indonesia merdeka. Namun transmigrasi sreg masa kolonialisme Belanda memiliki tujuan yang berbeda dengan waktu Indonesia merdeka. Jelaskan perbedaan terbit keduanya !​

pada masa kini migrasi sudah menjadi hal yang publik, transmigrasi memiliki intensi dan lembaga nan farik, seperti komplet: transmigrasi yang dilakukan oleh pemerintah biasanya dengan harapan perpindahan warga dengan profesi tertentu, ada kembali urbanisasi yaitu eksodus penduduk pecah desa ke kota dengan intensi bikin bersemayam, pendidikan, ekonomi, dll, ada juga migrasi-migrasi tak dengan intensi yang berlainan. <\/p>

Secara sumir:<\/p>

transmigrasi pada masa kolonialisme belanda dipengaruhi oleh garis haluan etis.<\/p>

transmigrasi pada musim sekarang dipengaruhi kebutuhan khusus maupun karna evakuasi pemukim oleh pemerintah.<\/p>

<\/p>

<\/p>

<\/p>

<\/p>"}]”>

Jawaban:

(jawaban ini ditulis menurut opini pribadi)

Penjelasan:

lega periode penjajahan belanda:

Pada awal abad ke 20, belanda menerapkan sistem ketatanegaraan etis di hindia belanda. Kebijakan Etis berawal dari kecaman Conraad Theodore Van Daventer dalam majalah de gids yang berjudul Een Eeresschuld atau Debt Of Honour yang dia catat puas 1899. dalam gugatan tersebut sira menyebut bahwa warga pribumi/penduduk hindia belanda harus diberi balas karakter karna warga pribumi sudah mengisi kas kekaisaran belanda dari keuntungan tanam paksa dan kebijakan liberal. karna dorongan berusul suara miring tersebut, belanda sekali lagi menerapkan ketatanegaraan moralistis lega 1901. Pokok-Taktik kebijakan politik etis andai berikut:

  1. Irigasi (pembangunan sarana pengairan disekitaran sawah-sawah penduduk)
  2. Pendidikan (penyelenggaraan pendidikan untuk seluruh penduduk pribumi fungsi meningkatkan kualitas sumber daya manusia)
  3. Migrasi (perpindahan penduduk berpokok daerah nan padat ke tempat yang susah penghuni)

tapi yang namanya penjajah pasti tetap saja ada kerugian yang didapatkan oleh awam pribumi. sistem pengairan hanya dilakukan pada sawah sawah belanda nan berada, pendidikan hanya dibuka untuk anak-anak asuh pegawai negri dan golongan mampu, sistem migrasi semata-mata mengirimkan bani adam-hamba allah jawa ke asing jawa kekuatan menjadi buruh dengan upah murah.

Pada tahun sekarang:

plong hari sekarang migrasi sudah menjadi hal yang umum, transmigrasi n kepunyaan tujuan dan bentuk yang farik, seperti contoh: transmigrasi yang dilakukan oleh pemerintah biasanya dengan pamrih pengungsian penduduk dengan profesi tertentu, ada juga urbanisasi merupakan perpindahan penduduk dari desa ke ii kabupaten dengan tujuan untuk berkampung, pendidikan, ekonomi, dll, ada sekali lagi migrasi-migrasi lain dengan tujuan nan berlainan.

Secara singkat:

transmigrasi sreg masa kolonialisme belanda dipengaruhi oleh politik etis.

transmigrasi pada masa kini dipengaruhi kebutuhan tersendiri maupun karna hijrah penduduk oleh pemerintah.




banner

×