Pengerahan tenaga rakyat yang sangat menyengsarakan yang dilakukan pemerintah pendudukan jepang

by -17 views

Pengorganisasian tenaga rakyat yang lalu menyengsarakan yang dilakukan pemerintah pendudukan Jepang disebut
sistem romusha.

\\

Pembahasan


Sistem romusha

adalah sebutan n domestik bahasa Jepang yang merujuk plong sistem kerja wajib selama masa penjajahan dan pendudukan Jepang di Asia Pasifik selama Perang Dunia II (1939 – 1945). Negara-negara Asia Pasifik yang diduduki dan dijajah makanya Kerajaan Jepang pula mencangam Indonesia.

Sistem romusha pada awalnya dilakukan secara sukarela oleh masyarakat, oleh karena itu pada awalnya sistem romusha berbintang terang dukungan berpunca rakyat yang terjajah.

Tujuan romusha adalah untuk membangun kemudahan sebagai halnya landasan kereta api kereta api, urut-urutan raya, titian, ajang benteng atau fortifikasi, dan bandara. Nantinya, kemudahan itu akan digunakan cak bagi media memakmurkan dan membangun bangsa yang dijajah oleh Jepang.

Sahaja, akibat kekalahan demi kekalahan Jepang n domestik Perang Pasifik melawan Amerika Serikat rasi itu, sistem romusha kemudian menjadi sistem pengorganisasian tenaga rakyat secara paksa bakal memulihkan kondisi Jepang akibat kekalahan perang tadi. Akibat kejadian itulah, romusha kemudian menyebabkan jutaan orang meninggal bumi tertulis di Indonesia, baik karena kelaparan, kelelahan, atau penyakit.

\\\\\\\\

===