Masjid kudus merupakan salah satu hasil asimilasi antara budaya islam dan hindu, hal ini

by -15 views

Jawaban:

Susuk respirasi Budaya Hindhu-Budha dan Islam pada Mesjid Agung Kudus merupakan tampak sreg menara bandarsah nan kental dengan nuansa Hindhu-Buddha

Penjelasan:

Penyebaran Agama Islam di Tanah Jawa di syiarkan makanya para wali, yang terkenal dengan keunggulan Wali Songo. Para Wali mensyiarkan Islam  melangkahi dahwah yang selalu damai dan menghormati Budaya Lokal.

Wali yang mensyiarkan Islam di wilayah Kudus yaitu Ja’far Shodiq, yang pada risikonya Beliau terkenal dengan segel Kanjeng Sunan Masif.  Engkau adalah putra Sayyid Utsman Haji dengan Siti Syari’ah.

Dalam melakukan dahwahnya engkau melaksanakanmnya dengan lembut dan ramah. Privat tanzil beliau lakukan menghormati masyarakat Hindhu Buddha saat itu, beliau melarang kaum muslim kerjakan menyembelih sapi dan beliau menggantinya dengan munding dan kambing. Seperti mana kita ketahui bahwa sapi adalah satwa asli dalam mitologi Hindhu.

Selain itu beliau juga melakukan asimilasi budaya internal bentuk bangunan pelecok satunya adalah bangunan menara Mesjid Agung Jati. Bangunan menara Mesjid Agung Nirmala menyerupai gedung yang cak semau di Pura Hindu terutama Hindu Bali.  Bangunan menara tersebut di Bali dikenal dengan nama Bale Kulkul ( arena kentongan).