Lagu Untuk Belajar Piano Pemula


Unduh PDF


Unduh PDF

Piano adalah alat irama yang tersendiri dan menarik serta menyenangkan. Walaupun rasanya sulit mahir bermain piano tanpa les piano nan mahal selama bertahun-tahun, keadaan ini tidak mutlak. Berbekal warta nada, akor, dan banyak tutorial, Sira boleh bertindak piano secara autodidak.

  1. 1

    Temukan piano atau kibor untuk digunakan.
    Jikalau Anda tidak memiliki piano di kondominium, siapa Anda dapat meminjamnya dari teman. Keuntungan mempelajari cara bermain piano yaitu karena suara yang dihasilkan autentik dari getaran senar. Selain itu, piano n kepunyaan 88 tuts. Kibor tidak memiliki kedua fitur ini. Jangan lupakan ketika membuat sortiran Sira.

    • Piano jauh lebih mahal dibandingkan kibor, tetapi bisa disewa di sebagian toko irama atau tempat les.
    • Cak bagi penalaan jika piano yang digunakan antik atau kuno sehingga Dia dapat berlatih mengandalkan telinga untuk memainkan nada yang benar. Sekiranya tidak pernah digunakan bertahun-periode, agar gunakan jasa profesional bagi mengundi piano sebelum dimainkan.
    • Jika Anda tidak dapat menemukan piano, ayo cari kibor. Harga kibor memadai terulur, nadanya enggak perkariban meleset, dan memiliki banyak fitur suara miring yang dapat meningkatkan nada Anda. Belum lagi, kibor bertambah mudah dibawa-panggul dan tidak gado arena. Perangkat musik ini cocok buat pemula. Dia bisa memulai dari kibor dan beralih ke piano selepas sudah lalu mahir.
    • Dapatkan kibor khusus pemula. kibor ini memiliki panduan khusus yang akan mendukung Kamu mempelajari lagu lebih cepat. Biasanya, kibor ini disertai buku dan video nan akan membantu Dia mempelajari notasi musik.
  2. 2

    Duduklah dan biasakan diri di hadapan piano atau kibor.
    Mainkan dan identifikasi irama-nada tengah (medio piano), musik-nada datar (tuts hitam di sebelah kidal), musik-nada ekstrem (tuts hitam di sebelah kanan), nada-nada bas (suara minor sedikit) dan irama-nada tahapan (suara minor tinggi). Dengarkan setiap nadanya dengan baik dan perhatikan perbedaannya. Teruslah belajar hingga Anda etis-benar mengetahui perbedaan tiap nada.

  3. 3

    Pelajari tuts-mata piano utama.
    Kamu harus mengetahui tuts-mata piano nada utama jika ingin mengidentifikasi suara yang didengar. Laksana contoh, 1 = C; 2 =D; 3 = E; 4 = F; 5 = G; 6 = A; 7 = B; 8 = C. Perhatikan bahwa kredit 1 dan 8 keduanya mengaplus nada C, tetapi angka 1 mewakili C paruh sedangkan 8 menggantikan C hierarki.

    • Takdirnya Engkau sudah memahami caranya, silakan melabeli lagu dengan angka dan enggak huruf. Bagaikan contoh, lagu “Mary Batas A Little Lamb” bernada E – D – C – D – E – E – E, yang bisa diganti menjadi 3 – 2 – 1 – 2 – 3 – 3 – 3.
    • Jika Anda bukan memiliki informasi nada sewaktu-waktu, Anda harus menyedang dengan
      trial and error.
  4. 4

    Pelajari akor piano.
    Lagu-lagu biasanya digubah dengan berbagai akor. Anda akan mendengarnya dalam bermacam ragam kunci, tetapi akor tersusun atas nada-nada yang sama. Anda harus dapat mengidentifikasi musik-irama tersebut saat didengar. Oleh karenanya, pelajari akor dasar dan temukan lokasinya di piano. Mainkan akor untuk belajar diri dengan suaranya sehingga mudah dikenali. Sungguhpun tak mencerna merek akornya, Kamu masih mengidentifikasi suaranya. Sebaiknya Engkau juga mengidentifikasi musik bas atau tinggi, dan lokasinya di tuts piano.
    [1]

    • Sebagai paradigma, C, E, G adalah akor sederhana yang harus purwa kali membiasakan dikenali kerumahtanggaan C Mayor. Namun, akor ini pula bisa dimainkan pada tuts abnormal dan tataran.
      [2]
  5. 5

    Perhatikan konseptual lagu.
    Semua lagu disusun bersendikan hipotetis musikal. Akor-akor buruk perut kali berulang-ulang internal ritme yang tegar. Kalau Dia dapat mengenali ideal yang didengar, lagu lebih mudah dimainkan. Anda akan bisa mempelajari akor mana yang digabungkan dengan akor lain. Dengan demikian, Engkau boleh lebih memahami cara bangunan melodi dan
    baseline
    sehingga makin mudah dimainkan.

  6. 6

    Biasakan menggumam.
    Menggumam akan membantu Beliau menghafal maupun merumuskan lagu. Kemudian, Kamu bisa mengulanginya di piano dengan lebih mudah. Dengan pembukaan lain, gumamkan nadanya. Kemudian, duduk dan mainkan pula di piano. Kalau Engkau sudah mengarifi akor dan nada lagu yang akan dimainkan, seharusnya Anda bisa mengulanginya mengandalkan telinga.

  7. 7

    Ulas kembali peletakan jari Anda.
    Meski benar-moralistis boleh memainkan piano, Anda harus mengetahui jari-jari apa yang memainkan tuts. Cara terbaik untuk mempelajari peletakan deriji pada tuts piano adalah dengan membaca buku panduan untuk pemula. Biasanya, mata piano jeruji diberi nomor. Sebagai komplet, empu jari yaitu 1 dan kelingking adalah 5. Trik-resep ini mengajarkan mandu memainkan tiap nada dengan menunjukkan ruji-ruji mana nan mengimpitkan tuts.

  8. 8

    Berlatih.
    Dengarkan beraneka rupa lagu, kemudian latih menggumam lagu dan coba tirukan pada piano alias kibor. Atau, pilihlah lagu yang Sira suka dan gunakan teknik-teknik nan telah dipelajari. Sira perlu belajar setidaknya tiga kali seminggu.
    [3]

    Iklan

  1. 1

    Pelajari beberapa ilmu bawah piano.
    Terdapat 88 tuts privat piano. Tuts piano murni dinamakan natural karena menghasilkan nada alami momen ditekan. Tuts piano hitam diberi nama
    accidental
    karena menghasilkan irama ekstrem alias datar saat ditekan.
    [4]

    • Terletak 7 natural pada piano: C-D-E-F-G-A-B
    • Terdapat 5
      accidental
      masing-masing oktaf dan kelimanya boleh berupa musik tajam atau melelapkan.
    • Pelajari nama-nama paranada tangan kiri dan tangan kanan: muslihat (clef) bas dan taktik
      trebel.
  2. 2

    Gunakan pokok wahyu.
    Maka dari itu karena Anda tak memiliki guru, belajarlah lewat buku. Terwalak banyak buku piano yang dijual di toko musik atau toko kiat yang akan membantu Anda mempelajari cara mengaji irama, tangga musik sumber akar, rayapan akor dan kemudian lagu-lagu primitif.
    [5]

    • Manfaatkan alat multi wahana seperti DVD. Video YouTube juga sangat berguna cak bagi belajar. Jika Beliau yaitu pelajar visual, media-media ini akan sangat cocok karena Anda bisa mematamatai mandu musik dimainkan dengan benar.
  3. 3

    Pelajari irama-nada.
    Anda teristiadat mempelajari lokasi nada pada piano, suara yang dihasilkan, dan cara irama ditulis di paranada. Oleh alhasil , Anda bisa mewujudkan kartu contekan bakal membantu mengidentifikasi nada plong paranada.
    [6]

    Engkau bisa membeli stiker kerjakan ditempelkan di mata piano piano, atau beli buku tutorial piano buat pemula biar bisa membaca nada.

    • Biasakan diri dengan akor umum. Mulailah dari akor di mayor. Kemudian, lanjutkan dengan akor di minor.
      [7]
  4. 4

    Pelajari peletakan jemari.
    Gunakan taktik panduan buat membantu mempelajari cara memainkan nada. Memainkan nada dengan jemari yang etis setolok pentingnya mempelajari letak nada sreg mata piano piano. Jika Kamu tidak berlatih dengan metode yang ter-hormat, Ia akan kesulitan dolan jungkat-jungkit hierarki irama.[8]

  5. 5

    Berlatih memainkan panjang nada.
    Memainkan tangga irama kontributif Anda sparing diri dengan irama-nada dan suara yang dihasilkan. Jikalau Anda mempelajari cara
    sight read
    (memainkan lagu tanpa membacanya terlebih dahulu), hal ini akan membantu mempelajari lokasi musik berada dan rupanya plong paranada. Mainkan tahapan nada per satu tangan, kemudian coba mainkan bersama-sama.

  6. 6

    Pelajari beberapa lagu yang mudah.
    Carilah lagu-lagu ini di daya panduan Engkau. buku akan mengajarkan cara memainkan lagu yang mudah serta menganjuri peletakan jarinya. Latihan ini juga membantu Anda mengingat letak-letak nada sehingga kepakaran
    sight reading
    Ia meningkat. Mulailah dari C mayor, kemudian lanjutkan ke tuts-tuts minor setakat Anda terbiasa.

    • Ketika melatih sebuah lagu, coba mulai bersumber mainkan melodi dan nada-nada bas bakal setiap tangan secara terpisah. Seandainya permainan Engkau sudah lalu meningkat, coba gabungkan.
  7. 7

    Teruslah berlatih.
    Belajar bermain piano membutuhkan banyak kursus. Mainkan partitur musik meski lebih mahir dalam
    sight reading, penjarian, dan permainan piano. Jadwalkan tutorial sebanyak 3-4 kali sepekan sepanjang setengah jam. Jangan beralih ke cak bimbingan seterusnya jika belum menguasai pelajaran sebelumnya dengan tuntas.
    [9]

    Iklan

  1. 1

    Carilah guru piano.
    Cara ini sangat mahal, doang cukup ampuh untuk mempelajari cara bermain piano. Master yang baik tidak hanya terbukti membantu pemain pemula menjadi mahir, belaka juga bisa mengajarkan dasar-dasar piano dengan benar. Bantuan guru juga akan mencegah Anda memiliki kebiasaan bermain nan buruk.

    • Ulaslah
      sight reading, penjarian dan permainan piano Anda dengan guru les.
    • Bertanyalah lakukan meninjau lokasi nada-musik pada paranada dan piano.
  2. 2

    Tentukan jadwal les.
    Karena harapan terdahulu Anda adalah sparing bermain piano secara autodidak, mungkin temperatur les tak akan berlebih sering ditemui. Jadwalkan perjumpaan sekali sebulan tetapi untuk mengecek keberuntungan alias menanya situasi-hal yang membingungkan Anda. Umpama lengkap, mungkin Sira bertanya apakah lagu mutakadim dimainkan dengan tempo yang ter-hormat.

  3. 3

    Membiasakan.
    Kembali, Anda teristiadat banyak berlatih buat membiasakan kaidah bermain piano. Banyak orang yang mengunjungi master les beberapa kali intern seminggu. Makanya karenanya, berlatihlah 2-3 kali seminggu atau saban hari jika kepingin. Jadwalkan tutorial selama 30 menit sebanyak 2 kelihatannya seminggu, tetapi Dia juga perlu menyempatkan hari untuk mengulas musik dan kepakaran
    sight reading. Anda tidak membutuhkan piano atau kibor lakukan melatih kedua hal tersebut.[10]
    .

    Iklan

  • Kendatipun lampau menggoda, coba bermain minus menindihkan pedal. Suara yang dihasilkan akan lebih jelas dan kesalahan bertambah mudah didengar. Dengan demikian, Anda akan banyak berlatih.
  • Jikalau Anda memainkan alat musik tidak dengan penalaan lain (misalnya Bb, Eb, alias F), belajarlah cara menafsirkan nada (transpose) sehingga Anda bisa memainkan musik tersebut pada piano dengan suara yang benar. Bb ( B ki boyak) siapa paling mudah diubah karena pergeserannya tak berlebih jauh. Musik gelesot satu ke kidal, kecuali C dan F nan masing-masing menjadi tuts Bb ( B datar) dan Eb (E datar. Anda bisa menemukan panduan
    transpose
    di internet. Keahlian ini akan mengungkapkan heterogen kemungkinan yunior karena Ia bisa memainkan semua musik pada kedua instrumen musik.
  • Mainkan melodi dengan tangan kanan, dan tahan godaan bakal memainkan melodi dengan kedua tangan. Mungkin saat baru memulai memang kian mudah dilakukan, sekadar Anda akan menyesalinya takdirnya sudah terbiasa karena aturan ini harus dihilangkan
  • Manfaatkan persendian dan video sebaik kali.

Iklan

Tentang wikiHow ini

Halaman ini telah diakses sebanyak 156.336 kali.

Apakah artikel ini membantu Anda?

Source: https://id.wikihow.com/Autodidak-Belajar-Bermain-Piano




banner

×