Kesulitan Pembelajaran Membaca Di Sd Kelas Tinggi

Kesulitan membaca pemahaman siswa SD

Abstract

Mengaji ialah salah satu kemampuan yang harus dikuasi oleh petatar di sekolah bawah, karena kemampuan membaca berkaitan langsung dengan proses penerimaan. Membaca adalah suatu proses nan digunakan dan dilakukan oleh pembaca cak bagi memperoleh pesan alias wara-wara nan disampaikan penulis melampaui tulisannya. Membaca kesadaran adalah suatu kegiatan membaca yang merintik-rintik beratkan sreg isi bacaan. Kerumahtanggaan menguasai kemampuan membaca kesadaran seringkali ditemui beberapa hambatan dan batu yang dialami oleh siswa, sehingga menyebabkan mereka mengalami kesulitan membaca pemahaman. Investigasi ini berujud untuk mengetahui kesulitan membaca pemahaman pada referensi bacaan kelas V SDN 01 Manisrejo Kota Madiun.  Eksplorasi ini menggunakan pendekatan penekanan kualitatif, sementara itu jenis penelitiannya adalah eksplorasi kasus. Teknik pengurukan data yang dikumpulkan kerumahtanggaan pengkhususan ini, yaitu : amatan manuskrip terkait dengan hasil evaluasi belajar formatif siswa kelas V SDN 01 Manisrejo Kota Madiun. Hasil penyelidikan ini menunjukkan terdapat 3 siswa  yang mengalami kesulitan membaca pemahaman. Tingkat kesulitan yang dialami oleh siswa yaitu kesulitan dalam membentuk konsep dan mengembangkan kedalam unit-unit semantik,  kesulitan dalam pertalian semantik, kesulitan dalam mengingat kembali isi wacana dan kesulitan dalam kemantapan khasiat dari suatu perkenalan awal baru.

Keywords

Kesulitan; membaca pemahaman; kelas tahapan

References

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.

Hadiah, R. (2011). Profil Kemampuan Membaca Siswa Kelas 5 Sekolah Pangkal (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Ditinjau berpunca Tipe Sekolah dan Jenis Kelamin. Malang : Dosen Patuh Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Jana, Horizon. (2015). sangkut-paut antara skemata dan penguasaan kosakata dengan kemampuan membaca pemahaman. Pendidikan bahasa inggris FKIP Universitas Lakidende, 34.

Laily, I. F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Memahami Pertanyaan Cerita Matematika Sekolah Dasar. Cirebon : Prodi PGMI, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Mirasanthi, K. G., Suarjana, M., & Garminah, N. N. (2016). Kajian Kemampuan Siswa dalam Mendaras Pemahaman pada Wacana Kisah Kelas V SD Negeri 1 Panarukan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Rahim. (2019). Indoktrinasi Mengaji di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Huruf.

Sugiyono. (2015). Metodologi investigasi pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sulistyo, A. (2017). Evaluasi Program Budaya Mengaji di Sekolah Dasar Area. Jurnal Manajemen Pendidikan , 49.

Yusuf, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak asuh dengan Probelma Belajar. Unik: Tiga Serangkai Bacaan.

Source: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/1472




banner

×