Jelaskan Tujuan Mempelajari Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi, semula mulanya dipelajari karena manusia punya kebutuhan (needs) dan keinginan (wants). Kebutuhan dan keinginan manusia itu jumlahnya lain sedikit (unlimited), sedangkan sumberdaya (sources) yang cawis untuk memenuhi kebutuhan dan kemauan tersebut jumlahnya terbatas (limited). Ilmu bisnis mempelajari perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan dan keinginannya dengan menggunakan perigi daya yang terbatas itu.

Lalu, apa keuntungan dari mempelajari perilaku insan, nan dalam hal ini biasa disebut juga pengguna. Berusul hasil mempelajari perilaku konsumen tersebut kita bisa memprediksi atau memperkirakan terka-nyana apa nan akan dilakukan alias tindakan nan akan dilakukan oleh konsumen kedepannya. Hasil prediksi atau rekaan tersebut dapat digunakan sebagai pangkal cak bagi takhlik perencanaan bisnis, menentukan harga, kebijakan pemasaran, kebijakan sumberdaya sosok, justru kembali bakal membuat kebijakan dalam buram meningkatkan ketenteraman mahajana.

Buat mempermudah anggaran perilaku dan analisa pada konsumen, Para Ahli ekonomi menggunakan bantuan fungsi matematika dan grafik. Perilaku pengguna sehari-hari tersebut dapat dikonversi menjadi satu cermin ilmu hitung.  Laksana contoh : bila
tabungan
kita lambangkan dengan lambang bunyi
S,
pendapatan
kita lambangkan dengan huruf
I, dan
konsumsi
sehari hari kita lambangkan dengan huruf
C, maka model yang dibuat mulai sejak pembilangan tabungan dan konsumsi sendiri konsumen adalah perkiraan jumlah pendapatan seseorang pemakai tersebut. Atau apabila digambarkan internal fungsi matematikanya akan menjadi andai berikut:

S + C = I

Apabila terjadi perubahan paradigma konsumsi dan tabungan mulai sejak seorang konsumen, kita boleh mengamalkan taksiran buat memprediksi peralihan plong pendapatannya.

Jadi kesimpulannya dengan mempelajari ilmu bisnis, kita dapat menganalisa perilaku pemakai dan awam. Kita juga bisa memprediksi pengaruh kebijakan pemerintah terhadap perilaku konsumsi dan menabung lega konsumen dan masyarakat tersebut. Pada akibatnya kita bisa membuat kajian serta langkah-awalan strategis untuk menyentuh pamrih utama perusahaan yaitu
profit
atau keuntungan dan juga keberlanjutan operasi atau
sustainability.

Source: https://binus.ac.id/bandung/2018/04/manfaat-mempelajari-ilmu-ekonomi/




banner

×