Jelaskan Apa Yang Dimaksud Anakronistis Dalam Belajar Sejarah

KOMPAS.com
– Ki kenangan adalah segala sesuatu yang terjadi di masa lepas. Peristiwa-peristiwa sejarah umumnya dirunutkan beralaskan periode terjadinya ataupun biasa disebut dengan kronologi.

Kronologi suntuk penting dalam merekonstruksi peristiwa hari lalu dan menyingkir terjadinya anakronisme. Definisi anakronisme internal album ialah pengabaian atau pemalsuan nan disengaja ataupun tida dari suatu hubungan berurutan.

Anakronisme berasal terbit bahasa Yunani “ana” nan berarti melawan atau pula dan kata “chronos” yang berarti waktu. Sehingga anakronisme dalam bahasa Yunani bisa diartikan sebagai melawan waktu.

Dilansir
Encyclopedia Britannica(2015), anakronisme adalah kesalahan musim atau ketidaksesuaian suatu kejadian. Misalnya kehadiran suatu benda, peritiwa, tempat, nama, dialog, dan karya yang tidak sesuai dengan periode hari ki kenangan.

Misalnya “manusia purba memperalat
microwave
bagi memantek ki gua garba”. Sudah lalu jelas sekali makhluk purba hidup pada masa sebelum masehi (periode pra-aksara), sedangkan
microwave
yunior ditemukan sreg masa 1940-an kristen.

Sehingga kalimat tersebut adalah anakronisme karena terserah ketidaksesuaian benda dengan masa sejarahnya.

Baca juga: Periodisasi: Pengertian, Tujuan Penyusunan, Konsep, dan Contohnya

Anakronisme dalam ilmu sejarah dapat berbahaya karena boleh mengubah kebenaran suatu peristiwa sejarah dan memajukan kesalahpahaman. Anakronisme bisa menyebabkan pergeseran sebab akibat berusul suatu peritiwa sejarah.

Anakronisme sering terjadi n domestik suatu karya sastra maupun prosa. Anakronisme dapat cuma disengaja maupun tidak disengaja.

Anakronisme disengaja biasanya dibuat untuk menjaringkan unsur kelucuan alias kelucuan n domestik suatu hal, sementara itu anakronisme tidak disengaja biasanya ialah ketidakakuratan akibat kurangnya penajaman dalam menciptakan menjadikan satu karya.

Pola anakronisme

Sempurna dari anakronisme disengaja terdapat pada gambar hidup Marie Antoinette yang rilis sreg periode 2006. Dilansir dari
Hawa Class, film tersebut berlatar pantat musim 1700-an, saja Coppola menempatkan sepasang sepatu Converse High Tops di kamar tidur Antoinette.

Sepatu convers pada dasarnya baru dicipatakan pada tahun 1900-an, dimasukkan n domestik komidi gambar tersebut agar menarik dan melambangkan masa muda serta kenaifan.

Model lain dari anakronisme yang tidak sengaja terdapat pada film Harry Potter and the Half-Blood Prince yang berlatar tahun 1996.

Internal sinema tersebut pelahap maut tertumbuk pandangan meruntuhkan jeti Milenium daerah tingkat London, sedangkan geretak tersebut dibuat tahun 1998 dan baru dibuka kerjakan awam puas tahun 2000.

Baca juga: 4 Ruang Lingkup Sejarah

Dapatkan update
berita sortiran
dan
breaking news
setiap hari berpokok Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://falak.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Kabel terlebih dulu di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/skola/read/2021/04/28/133514769/apa-itu-anakronisme-dalam-sejarah




banner

×