Jawablah pertanyaan-perta jawab yang tersedia ! 46. Jelaskan apa yang dimaksud dengan vulkanisme

Jawaban:

46)
Vulkanisme
adalah fenomena meletusnya batuan cair (ladu) ke meres Mayapada atau planet atau bulan berpermukaan padat, di mana isi perut bumi, piroklastik, dan gas vulkanik meledak melintasi celah di satah nan disebut lubang angin. Sedangkan
Tektonisme

adalah proses yang terjadi akibat pergerakan, pengangkatan, lipatan, dan patahan pada struktur lahan di suatu daerah. Yang dimaksud lipatan ialah rajah muka bumi hasil gerakan tekanan secara horizontal atau vertikal yang menyebabkan lapisan latar dunia menjadi berkerut dan menyihir.

47) Neko-neko batuan beku
berdasarkan tempat pembentukan
:

a. Batuan Beku Dalam (intrusif atau plutonik)

Contoh : granit, syenit, gabro, diorit

b. Batuan Beku Korok (gang)

Sempurna : porfiri granit, porfiri gabro

c. Batuan Beku Asing (ekstrusif)

Contoh : riorit, trakit, basalt

48) Cuaca merupakan kejadian atmosfer sreg waktu nan enggak lama dan meliputi distrik yang sempit. Sedangkan iklim adalah rata-rata keadaan cuaca sreg periode waktu yang lama dan meliputi wilayah nan luas. Sinar bisa berganti dengan cepat, apalagi sahaja dalam hitungan jam.

49) Suka-suka 4 faktor iklim terdahulu yang berinteraksi yaitu : master gegana, kelembaban, radiasi matahari dan kecepatan angin.

4 faktor iklim di Indonesia dan penjelasannya

Faktor letak.

Faktor hawa.

Faktor curah hujan.

Faktor angin.

50) evaporasi sebagai tahap pertama kemudian transpirasi, kondensasi, evapotranspirasi dan sublimasi. Tahap selanjutnya adalah tahap adveksi, tahap run off, tahap presipitasi dan tahap infiltrasi.




banner

×