Faktor apa saja yang merupakan faktor pendorong tercapainya integrasi nasional, adalah ditandai

by -19 views


Faktor segala saja yang merupakan faktor pendorong tercapainya integrasi nasional, adalah ditandai dengan adanya

a. Faktor Sejarah

  • Umum mengalami memori yang sebabat. Merasa sama-sekelas merasakan penjajahan dari Belanda, misalnya. Ini yang membuat Indonesia bersatu. Wilayah Indonesia seperti diketahui bersama yaitu semua area bekas jajahan Hindia Belanda.

b. Adanya ideologi kebangsaan

  • Pancasila ibarat ideologi nasional tidak dapat digantikan makanya ideologi mana pun. Walalupun Indonesia terdiri dari banyak kepercayaan, arti penting dan fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia tidak bisa tanggal berpokok kehidupan sehari-hari masyarakat.
  • Pemaknaan ideologi nasional yakni Pancasila dilakukan melalui implementasi nilai-nilai Pancasila dalam hidup sehari-perian kerjakan mewujudkan integrasi kebangsaan di Indonesia. Menerobos pemaknaan ideologi nasional adalah Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, integrasi nasional akan lebih mudah lakukan diwujudkan.

c. Adanya sikap tekad dan kedahagaan kerjakan

  • kembali bersatu Perbedaan dan kemajemukan di Indonesia bukanlah salah satu alasan untuk dijadikan faktor penyebab konflik sosial nan terjadi di kalangan masyarakat. Justru perbedaan inilah yang mewujudkan masyarakat Indonesia mempunyai keinginan kerjakan mempersatukan perbedaan di dalam satu keesaan bangsa yang utuh. Dalam masyarakat tradisonal dan modern, kedahagaan lakukan merukunkan perbedaan di privat spirit sehari-hari pasti cak semau.
  • Dalam jiwa berbangsa negara dan berbangsa Indonesia, kehausan untuk mempersatukan nasion merupakan riuk satu perwujudan nilai-nilai sani Pancasila seumpama dasar negara.

d. Adanya gertakan berpokok luar

  • Walupun Indonesia mutakadim merdeka selama 71 tahun, bukan tidak kelihatannya ancaman dari luar itu masuk ke Indonesia. Gaham-ancaman berusul luar di era globalisasi kini ini tidak dapat diartikan laksana ancaman yang mengembara seperti puas masa kemerdekaan Indonesia. Untuk mengantisipasi gertakan terbit luar dalam kaitannya dengan bahaya globalisasi dan modernisasi, integrasi nasional perlu diwujudkan di setiap salutan masyarakat nan ada adv amat di distrik Indonesia.

Faktor Sekatan Integrasi Nasional.

1. Masyarakat yang Beraneka Kelakuan

  • Faktor pengempang integrasi nasional yang pertama yaitu karena masyarakat Indonesia nan beraneka ragam. Kita tahu bahwa masyarakat yang habis di Indonesia terdiri dari beraneka macam macam kelompok suku, agama, ras, dan golongan lainnya.
  • Terjadwal, Indonesia mempunyai ribuan kaki bangsa. Selain menjadi gana negeri yang sukar dimiliki negara lain, faktor ini pun bisa menjadi penahan integrasi kewarganegaraan karena adanya perbedaan nan mencolok antarmasyarakat.

2. Wilayah yang Luas

  • Faktor penahan integrasi kewarganegaraan yang kedua yaitu karena distrik di Indonesia yang luas. Negara Indonesia terdiri dari beribu-ribu pulau-pulau, baik yang besar kepingin pun nan kecil. Hal ini mewujudkan negara Indonesia memiliki wilayah yang sedemikian itu luas, dan boleh menjadi faktor yang dapat mencegat integrasi nasional.

3. Paham Etnosentrisme yang Kuat

  • Faktor penghambat integrasi kebangsaan yang ketiga yakni adanya paham etnosentrisme yang kuat. Etnosentrisme ialah fanatisme kaki bangsa di mana masyarakatnya mempersepsikan kebudayaan yang mereka miliki lebih baik berpunca peradaban lainnya.

4. Pembangunan nan Tidak Merata

  • Faktor penghambat integrasi kewarganegaraan nan keempat adalah pembangunan yang tidak merata. Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa negara Indonesia n kepunyaan wilayah yang luas nan terdiri berpokok ribuan pulau-pulau. Hal ini boleh menghambat pembangunan menjadi tidak merata, sehingga dapat menjadi sekatan integrasi kewarganegaraan.

5. Tergerusnya Budaya Masif

  • Faktor penahan integrasi nasional nan ragil adalah tergerusnya budaya asli. Tiba tergerusnya budaya tulen di Indonesia juga bisa menghambat integrasi nasional. Kredit-nilai budaya bangsa nan encer boleh terjadi ketika kuatnya pengaruh budaya luar nan bukan sesuai dengan kepribadian bangsa. Masuk melewati kontak langsung ataupun tidak berbarengan.

>Detail Jawaban<

Kls: 1 Smp.

Materi: Faktor-Faktor terciptanya pendorongan integrasi nasional.

Tema: bahayanya integrasi kebangsaan.

kode kategorasi: –

prolog pusat: integrasi nasional

Penjelasan:



S




e




m




o




g




a










M




e




m




b




a




n




t




u










)




:




v