Di berbagai daerah, voc melakukan tindakan dengan melaksanakan politik devide et impera. Pengertian

by -14 views


Di berbagai daerah, voc melakukan tindakan dengan melaksanakan politik devide et impera. Pengertian politik devide et impera merupakan ……

<\/p>

Pelajari lebih lanjut:<\/h3>

Pelajari lebih lanjut materi akan halnya VOC, sreg: https:\/\/brainly.co.id\/tugas\/749211<\/p>

<\/p>

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4<\/h3>"}]”>

Di bermacam-macam kewedanan, VOC telah menjumut tindakan dengan menerapkan
strategi devide et impera
yang artinya ketatanegaraan pecah belah. Kebijakan bersumber belah, kebijakan adu kambing arab atau devide et impera adalah ikatan berpangkal strategi ketatanegaraan, militer, dan ekonomi yang bertujuan buat mendapatkan dan mempertahankan kontrol dengan menjatah kelompok besar menjadi kelompok yang lebih mungil.

Pembahasan

Secara verbatim
devide et impera
bisa diartikan sebagai “terbit dan berwajib”. Strategi ini dipopulerkan maka itu Julius Caesar kerumahtanggaan usahanya membangun Imperium Romawi. Rahasianya adalah membagi area dengan cara nan mudah dikendalikan. Dalam konteks tak, membagi-dan-menaklukkan juga berarti mencegah gerombolan-kerubungan kerdil bergabung menjadi  kelompok nan lebih ki akbar dan lebih awet. Seiring perian, devide and rule juga dikenal umpama devide and rule atau politik perjuangan. Devide et impera pertama barangkali diperkenalkan di Indonesia oleh Belanda melalui VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie). Selain monopoli, keseleo satu ki akal VOC untuk menguasai nusantara adalah membagi dan memerintah. Kebijakan perkelahian bersama telah dibiasakan secara ketatanegaraan, militer dan ekonomi oleh VOC  lakukan mempertahankan kekuasaan kolonial di Indonesia. Koordinasi tersebut untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dengan menaklukkan raja-raja  nusantara. Garis haluan Belanda yang paling efektif bikin menghadapi pertarungan dari pemerintah wilayah adalah dengan berkujut dalam kebijakan perjuangan bersama. VOC lagi ki berjebah memanfaatkan perang saudara dan permusuhan antar imperium untuk menaklukkan kerajaan-imperium lautan Nusantara.

Pelajari seterusnya:

Pelajari lebih lanjut materi tentang VOC, puas: brainly.co.id/tugas/749211

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4