Dengan jumlah atom karbon yang sama rasio titik didih antara alkana alkena dan alkena adalah

by -16 views

Hidrokarbon ialah fusi organik yang hanya terdiri bersumber partikel C dan H. Alkana, Alkena dan Alkuna yaitu pencatuan dari hidrokarbon alifatik (rantai terbuka).
Dengan kuantitas atom karbon yang sama, perbandingan tutul didih antara Alkana, Alkena dan Alkuna adalah Alkuna > Alkana > Alkena.

Pembahasan :

Alkana, Alkena, dan Alkuna merupakan golongan senyawa hidrokarbon alifatik yang saling terikat dan membuat rantai terbuka (bisa bercabang ataupun tidak). Alkana merupakan hidrokarbon alifatik jenuh karena memiliki kombinasi partikular antar rantai atom karbonnya, sementara itu alkena (rangkap 2) dan alkuna (rangkap 3) tergolong hidrokarbon alifatik bukan jenuh karena memiliki ikatan rangkap antar rantai anasir karbonnya.

Titik Didih berkaitan dengan lestari lemahnya ikatan antar atom.
Semakin lestari ikatan antar atom maka Noktah Didih semakin tinggi karena memerlukan energi nan lebih tahapan untuk memutus ikatan.

Alkana nan terdiri atas Pertalian tunggal lebih kuat daripada ikatan rangkap 2 (Alkena), sehingga penis lebih banyak energi untuk suatu senyawa Alkana sederhana dengan jumlah karbon yang sama untuk diputuskan ikatannya dibanding Alkena. Maka,
noktah didih Alkana > Alkena.

Untuk Alkuna, ia memiliki perikatan rangkap 3 yang terdiri dari
1 persaudaraan π dan 2 ikatan sigma. Elektron puas pertautan π lebih lemah dibanding susunan sigma, sehingga elektronnya cenderung terpolarisasi dan menghasilkan gaya tarik menyeret yang lebih kuat antar partikel. Situasi ini menyebabkan
noktah pelihara Alkuna sedikit lebih tataran dibandingkan Alkana.

Sehingga urutan tutul didih dari tertinggi ke terendah adalah
Alkuna > Alkana > Alkena.

Pelajari lebih lanjut :

Pelajari lebih lanjut tentang hidrokarbon di sini brainly.co.id/tugas/50379431

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4