Cara Mudah Belajar Perkalian Dengan Jari


Unduh PDF


Unduh PDF

Bisa mengalikan dengan terali ialah keterampilan yang bermanfaat dan basyar telah melakukannya paling tidak sejak abad ke-15. Kita mungkin mempunyai mesin hitung telepon genggam, hanya sering kali, lebih mudah menyimpan telepon di dompet dan melakukan perkalian menunggangi jari. Metode ini sekali lagi berharga bagi pelajar nan sedang belajar perkalian bagi pertama kelihatannya. Seharusnya boleh digunakan dengan baik, engkau purwa-tama harus mempelajari diagram perkalian satu sampai lima. Perkalian memperalat tangan hanya dapat digunakan lakukan diagram perkalian enam, tujuh, delapan, sembilan, dan sepuluh.

  1. 1

    Buka tanganmu di depan tampang dengan bekas kaki tangan menghadap ke atas.
    Setiap jari mewakili angka tertentu. Mulai dari jempol kiri ke biang jari kanan, hitung angka dari satu sampai sepuluh.

  2. 2

    Tekuk jari yang akan ia kalikan dengan sembilan ke arah dalam.
    Arketipe, kalau kamu akan mengalikan (9×3), tekuk deriji tengah tangan kidal ke arah dalam. Jari tengah ini mengaplus angka tiga karena, takdirnya ia menghitung bersumber satu sampai dasa dimulai berusul empu jari tangan kiri, jari tengahmu adalah deriji ketiga.

  3. 3

    Pecahkan soal dengan menghitung jemari di sebelah kiri dan kanan.
    Pertama, hitung kisi yang berada di jihat kiri jarimu nan tertekuk – dalam contoh di atas, seharusnya ada dua ujung tangan di sebelah kiri jari yang tertekuk. Sehabis itu, hitung total deriji nan bernas di sebelah kanan jarimu yang tertekuk-dalam hal ini, seharusnya ada sapta. Angka pertama jawaban perkalian (9×3) adalah 2 dan angka kedua adalah 7. Bintang sartan, jawaban tanya tersebut adalah 27![1]

  4. 4

    Cobalah menunggangi angka lain dikali dengan sembilan.
    Bagaimana cara mengalikan 9 dan 2 dengan jemari-jarimu? Bagaimana jika 9 dan 7?

    Iklan

  1. 1

    Buka tanganmu sehingga bekas kaki tangan menghadap ke atas dan deriji-jarimu saling berhadapan.
    Setiap jari mewakili satu nilai. Celah kelingking mewakili angka enam. Jeruji manis mewakili nilai tujuh. Jari-jemari tengah mewakili angka delapan, dan jempolmu mewakili angka deka-.[2]

  2. 2

    Tempelkan jari-jari yang akan kamu kalikan.
    Contoh, kamu ingin mengalikan (7×6) maka tempelkan deriji manis tangan kiri dengan jari kelingking tangan kanan. Ganggang di tangan kidal mengaplus nilai pertama pergandaan dan kisi di tangan kanan mewakili ponten kedua dalam perkalian. Ingatlah bahwa setiap jari mengoper suatu angka dan privat hal ini, jari manismu mewakili ponten tujuh dan jari kelingkingmu mewakili angka heksa-. Oleh karena itu, engkau harus menempelkan keduanya untuk menuntaskan (7×6).

    • Ia mungkin harus menekuk-nekuk pergelangan tanganmu dengan cara yang aneh cak bagi melakukan ini!
    • Contoh lain, kalau kamu menyedang mengalikan 9×7, tempelkan jari telunjuk tangan kidal dengan jari manis tangan kananmu.
  3. 3

    Jumlahkan celah yang menempel dan terali yang cak semau di bawahnya.
    Langkah selanjutnya yaitu menghitung besaran deriji yang berkembar dan celah di bawahnya. Hasilnya mengambil alih angka sepuluhan. Lakukan contoh di atas, hitung jari manis tangan kidal, ujung tangan kelingking tangan kiri, dan jari kelingking tangan kanan. Setiap jari mewakili sepuluhan. Jadi, dalam hal ini, totalnya adalah 30.

  4. 4

    Kalikan geladir jari.
    Anju lebih lanjut adalah mengalikan jumlah jari yang bukan berhimpit di tiap tangan. Pertama, hitung kuantitas jari di tangan kiri nan berpunya di atas jari nan menempel-dalam kasus ini, ada 3 jari. Kemudian, hitung total deriji pendamping yang mampu di atas jari nan menempel-dalam hal ini, terdapat 4 jari. Jadi, 3×4 = 12.

  5. 5

    Jumlahkan kedua angka tersebut kerjakan mendapatkan jawaban.
    Untuk contoh di atas, jumlahkan 30 dan 12 sehingga kamu mendapatkan angka 42. Jawaban 7×6 adalah 42!

  6. 6

    Kalikan skor 10 dengan teknik yang sama.
    Kamil, jika kamu ingin mengalikan 10 dan 7, mulailah dengan menempelkan jempol tangan kidal dengan deriji manis tangan kanan. Hitung besaran deriji di dasar ujung tangan nan berdekatan, termuat jari yang rapat. Seharusnya, cak semau 7 jari nan berarti 70. Kemudian, hitung ganggang kanan kidal nan berada di atas kisi yang menempel. Seharusnya terserah 0 jari di tangan kirimu dan 3 di tangan kananmu. Kalikan 3 dan 0 dan kamu akan mendapatkan angka 0. Jumlahkan 70 dan 0 cak bagi mendapatkan jawaban. Jawaban 10×7 adalah 70!

  7. 7

    Cobalah teknik ini lakukan perkalian enam, sapta, okta-, dan sepuluh.
    Bagaimana caramu mengalikan 8 dan 8 menggunakan jemari-jarimu? Bagaimana dengan 7 dan 10?

    Iklan

Tentang wikiHow ini

Halaman ini sudah lalu diakses sebanyak 39.096 kali.

Apakah artikel ini membantu Anda?

Source: https://id.wikihow.com/Mengalikan-dengan-Tangan




banner

×