Cabang Ilmu Biologi Yang Mempelajari Tentang Pengelompokan Makhluk Hidup Adalah

Ilmu biologi yaitu aji-aji yang tidak akan habis pembahasannya. Hal ini karena aji-aji biologi memiliki cakupan nan sangat luas. Oleh sebab itu, hobatan ilmu hayat terbagi menjadi beberapa cabang. Berikut ini kita akan ceratai cabang-cabang yang ada pada ilmu biologi.

Cabang Ilmu Biologi

Secara umum, terdapat dua klasifikasi guna-guna biologi nan kemudian terbagi lagi menjadi bermacam ragam macam silang. Mula-mula, zoologi sebagai cabang aji-aji yang membahas adapun fauna. Kedua, botani umpama simpang hobatan nan meributkan tentang tanaman. Secara keseluruhan, berikut ini adalah silang aji-aji ilmu hayat yang perlu beliau ketahui.

1. Ilmu urai

Ilmu urai mempelajari tentang struktur tubuh hamba allah hidup. Ilmu ilmu urai yaitu guna-guna teradat yang dipelajari di dunia bidang kedokteran. Tentu saja, keadaan ini karena ilmu medis memiliki pengait karib dengan tubuh sosok hidup, terutama manusia.

2. Genetika

Familiar dengan istilah genetika? Genetik atau gen ialah unit yang mewariskan adat bagi organisme makhluk roh bermula emak kepada keturunannya. Bagi kita khalayak, gen mewariskan kebiasaan bawaan dari orang gaek. Hal-kejadian yang diwariskan tersebut seperti mana rona kulit, kecerdasan, dan sifat awak yang lain. Nah, ilmu yang mempelajari terkait dengan pewarisan sifat ini merupakan ilmu genetika.

3. Sitologi

Sitologi merupakan simpang guna-guna yang mempelajari mengenai sel. Kamu boleh mempelajari apa seluk beluk adapun sel. Berangkat berpunca struktur penyusun sel, daur usia sel, pembelahan sel, sampai bagaimana kematian interniran terjadi.

4. Histologi

Histologi mengkaji jaringan secara tunggal. Jika ia ingin memahami jaringan lebih dalam, histologi yaitu silang ilmu yang dapat kamu pelajari. Histologi mempelajari jaringan yang suka-suka pada orang hidup, seperti jaringan jaras, jaringan saraf, dan neko-neko jaringan yang bukan.

5. Morfologi

Dalam guna-guna biologi, ilmu bentuk kata adalah simpang aji-aji yang mempelajari rang organisme dan bagian-bagiannya yang terdapat plong hewan dan pohon. Secara distingtif, morfologi mengkaji dan mempelajari adapun ciri-ciri makhluk semangat terbit luar, begitu juga rangka kaki atau perdua yang berbeda-beda pada burung.

6. Fisiologi

Sekiranya ilmu bentuk kata mempelajari ciri cucu adam dari luar, maka fisiologi mempelajari fungsi tubuh tersebut. Selain mempelajari secara morfologi, ilmu faal pula mempelajari keistimewaan tubuh secara anatomi.

7. Ekologi

Ekologi mengkaji dan mempelajari interaksi anak adam hidup, baik dengan makhluk roh tak maupun interaksinya dengan lingkungan. Riuk satu bagan interaksi antara makhluk sukma yakni simbiosis mutualisme.

8. Taksonomi

Makhluk semangat punya beberapa penjenisan dan klasifikasi. Hobatan nan mempelajari pembagian ini adalah ilmu taksonomi. Setiap makhluk hidup akan digolongkan berdasarkan jenjang tertentu.

9. Evolusi

Barang apa nan terlintas di benakmu jika mendengar evolusi? Pasti kamu akan langsung teringat dengan Evolusi Darwin. Lalu, apa yang sebenarnya dipelajari di cabang mantra yang suatu ini? Evolusi membahas dan mengkaji perubahan anak adam hidup yang berlangsung dalam jangka waktu yang tahapan.

10. Botani

Botani merupakan satu cabang guna-guna nan mempelajari adapun pokok kayu, start bersumber jenis, struktur, hingga klasifikasinya. Cakupan aji-aji botani pun lalu luas. Hampir semua silang mantra biologi juga akan dipelajari disini. Di antaranya adalah hobatan genetika.

11. Zoologi

Ilmu hewan mempelajari klasifikasi dan perilaku satwa. Anda juga akan mempelajari ilmu tasyrih dan susunan internalnya. Di internal zoologi, akan banyak keadaan menarik mengenai hewan yang bisa sira temukan dan pelajari.

12. Mikrobiologi

Makhluk umur yang juga teristiadat kerjakan dipelajari adalah mikroorganisme kecil yang tidak kelihatan maka dari itu netra, seperti bibit penyakit, protozoa, dan archaea. Makhluk sukma ini harus dilihat menggunakan gawai bantu, yakni mikroskop.

13. Virologi

Virus adalah riuk satu mikroorganisme yang tak dapat kita lihat secara sedarun.  Belaka, meski begitu virus memiliki ilmu istimewa kerjakan mengkajinya. Banyak sekali ki kesulitan-ki aib berbahaya yang disebabkan oleh virus. Dalam hobatan virologi, dia akan mempelajari virus secara lebih mendalam, menghampari struktur organisme, peran, dan caranya bereproduksi.

14. Bakteriologi

Sama halnya dengan virus, pembahasan mengenai bakteri memiliki cabang ilmunya sendiri. Puas cabang ilmu ini, kamu akan mempelajari morfologi, genetika, hingga ekologi. Selain itu, segala apa aspek nan bersambung dengan basil juga akan dibahas secara kian rinci.

15. Mikologi

Cabang ilmu yang satu ini berfokus puas pengkajian adapun pupuk. Mikologi mempelajari adapun berbagai variasi jamur, mulai bermula jenis sampai peranannya. Mikologi juga berperan osean bagi penanganan cendawan nan berkepribadian merugikan, seperti serat yang menyebabkan berbagai penyakit pada tumbuhan.

Setelah membaca penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa aji-aji ilmu hayat membicarakan semua hal akan halnya sosok jiwa. Tidak cak semau yang terlewatkan bikin dipelajari dan dikaji lebih dalam apalagi sebatas makhluk hidup terkecil sekalipun. Bagaimana? Semakin menarik bukan?

Seiring berkembangnya zaman dan ilmu amanat, tidak menutup peluang akan semakin banyak muncul berbagai cagak mantra ilmu hayat yang baru. Persiapkan diri kamu dengan terus update informasi terbaru ya. Jangan lalai baca kembali bahasan menarik lainnya di universitas123.

Source: https://www.universitas123.com/news/cakupan-cabang-ilmu-biologi-yang-perlu-kamu-ketahui




banner

×