Belajar Huruf Dan Angka Bahasa Korea

Annyeonghaseyo Chingudeul~
Ketemu lagi bareng gue Sabrina di artikel bahasa Korea. Siapa ini gue akan membincangkan angka n domestik bahasa Korea.

Kerjakan para pecinta Sandiwara radio Korea (Drakor) atau para fangirl and fanboy karuan gak luar lagi sama kata-perkenalan awal “Hana, dul, set!” atau “Il, i, sam!”

Kata-perkenalan awal ini emang sering banget kita denger di drakor atau
variety show
para K-pop idol, apalagi kalau mereka madya menotal sesuatu atau sedang bersilaju.

Tapi pergaulan gak sih elo perhatiin, kenapa ya cak kenapa cara menyapa angka dalam bahasa Korea tuh cak semau dua, sebagai halnya nan gue contohin di atas.

“Hana, dul, set”
dan
“Il, i, sam”
artinya sama-sama “suatu, dua, tiga”. Tapi kenapa kadang orang Korea pake yang pertama, tapi terserah kalanya mereka sekali lagi pake diversifikasi yang kedua.

Padalah, di artikel ini gue akan menjelaskan penggunaan angka kerumahtanggaan bahasa Korea. Termasuk jenis artikulasi angka yang lazim digunakan oleh hamba allah-manusia Korea.

Mari! Daripada nanar,
si ja khalle yo?


Nilai privat Bahasa Korea

Sebelum mengenal macam penuturan poin dalam bahasa Korea, tentu keadaan mula-mula yang harus elo pelajari ialah nama-nama kredit dalam bahasa Korea.

Keadaan yang menyenangkan mengenai belajar angka dalam bahasa Korea ialah elo hanya mesti mempelajari seputar 35-40 angka aja.

Setelah elo mengarifi dan hafal angka-angka itu, elo mutakadim punya modal sepan bagi menghitung n domestik bahasa Korea (termasuk angka yang besar).

Ketika mempelajari bagian ini elo bakalan tau, suka-suka berapa macam angka sih yang digunain bani adam Korea.

Kita mulai dari tipe
“Hana-dul-set”
ya.

Makara variasi “Hana-dul-set” ini adalah sistem bilangan putih Korea. Ini yaitu sistem perincian permulaan dengan menggunakan bahasa Korea kudus (native).

Sistem angka Korea yang suatu ini sudah lalu menjadi babak dari bahasa Korea dan sudah lalu digunakan sejak dahulu rekata.

Untuk fungsinya, sistem bilangan ikhlas Korea menuju digunakan untuk perhitungan nan sederhana. Misalnya menghitung jumlah yang dapat diatur (kurang dari 100) dan untuk menotal jumlah nilai emosional seperti roh orang yang dicintai.

Daftar Angka n domestik Bahasa Korea Sistem Kodrat Suci

Karena gue mention sistem yang pertama, artinya suka-suka sistem kodrat yang kedua
dong. Di Korea sistem bilangan ini disebut sebagai sistem bilangan Sino-Korea.

Betul, sistem bilangan ini diawali dengan
“Il, i, sam, sa…”.

Sistem bilangan Sino-Korea adalah sistem garis hidup yang terkait dengan bahasa China. Sistem ini diperkenalkan ke dalam bahasa Korea sekitar abad ke-2 SM. Sistem Sino-Korea termasuk sistem ketentuan baru.

Sedangkan, buat kegunaannya Sino-Korea dipilih cak bagi menotal uang dan bilangan dalam besaran ki akbar.

Daftar Angka dalam Bahasa Korea Sistem Sino-Korea zenius
Daftar Angka dalam Bahasa Korea Sistem Sino-Korea


Terus Kenapa Terserah Dua Sistem Penyebutan Angka Korea?

Oke, setelah melihat penjelasan adapun kedua sistem, gue harap elo jadi reaktif mengenai perbedaan masing-masing sistem, terutama pada fungsinya.

Bintang sartan, masing-masing sistem ini punya kurnia dan tujuan koteng, istilahnya saling melengkapi.

Tapi kalo alasan kenapa ada dua sistem penyebutan angka Korea, ini bersambung dengan ki kenangan Korea.

Korea dan China punya sejarah yang tingkatan, Korea menerima pembukaan-pembukaan China berpokok era yang sangat wreda bahwa mereka tukar membuat kesepakatan.

Jikalau elo ada pernah belajar bahasa Mandarin, coba deh cek apakah
sistem bilangan Sino-Korea begitu juga sistem kodrat dalam bahasa Mandarin.

Jawabannya?

Iyap, selisih. Karena memang intinya sistem bilangan Sino-Korea itu hasil serapan orang Korea semenjak bahasa China, tapi tidak penting proporsional persis.

Sistem ketentuan Sino-Korea pun dianggap makin mudah digunakan karena dapat menghitung sampai jumlah yang lewat besar dengan ponten nan cukup terbelakang.

belajar bahasa korea zenius


Prinsip Membaca Skor dalam Bahasa Korea

Cukuplah, elo udah tau ketel nama-nama angka berpokok kedua sistem nan digunakan. Terus gimana sih caranya mendaras angka kerumahtanggaan bahasa Korea?

Tiba dari puluhan? satuan? atau gimana? Biar paham, coba tengok dulu sistem penamaan angka di bawah ini:

Cara Membaca Angka dalam Bahasa Korea
Cara Mengaji Angka dalam Bahasa Korea

Semenjak daftar angka dalam kedua sistem elo bisa lihat bahwa mandu membaca angka dalam bahasa Korea berbeda di setiap sistemnya.

Kalo versi sistem Sino-Korea pengulangan penyebutan terjadi di skor 20. Yaitu 2 (i) + 10 (ship) = 20 maka menyebutnya i-ship.

Kalau versi sistem takdir Korea zakiah, nilai 20 memiliki sebutan tersendiri. Beliau gak mengulang ponten sebelumnya berharta sistem Sino-Korea.

Oh iya, penyebutan spesial ini hanya berlaku untuk angka puluhan mulanya, kayak 10, 20, 30, 40 dan seterusnya.

Daftar skor kerumahtanggaan bahasa Korea (puluhan) di sistem Korea bersih dan sistem Sino-Korea adalah sebagai berikut:

Daftar angka dalam bahasa Korea (puluhan) di sistem Korea asli dan sistem Sino-Korea
Daftar skor dalam bahasa Korea (puluhan) di sistem Korea kalis dan sistem Sino-Korea

Nah, dari daftar ini boleh dilihat, nan sistemnya makin teratur adalah sistem Sino-Korea, yang berbeda tetapi puas angka 100 tetapi (baek).

Sedangkan pada sistem Korea tulen, ponten dalam bahasa Korea n kepunyaan penyebutan koteng dan ingin gak mau kalo elo menggunakan sistem Korea Asli, elo harus mengingat tiap-tiap angka puluhan ini.

Daftar Angka dalam bahasa Korea hingga 1 miliar
Daftar Biji kerumahtanggaan bahasa Korea hingga 1 miliar

Kalo liat daftar di atas, pasti elo ngeliat ada diagram yang nihil. Tenang ini bukan karena gue lupa ngisi tapi emang di sistem ketentuan Korea zakiah gak cak semau penyebutannya.

Itulah kenapa, orang Korea lebih prefer memperalat sistem Sino-Korea yang lebih abstrak dan lebih praktis cak bagi diingat.


Menotal Biji dalam Bahasa Korea

Kalau tadi elo udah lihat perbedaan antara penyebutan ponten intern bahasa Korea yang terbagi plong sistem bilangan Korea jati dan Sino-Korea.

Di penggalan ini, gue akan membahas selanjutnya mengenai cara menghitung angka dalam bahasa Korea terdaftar kampanye rekaan matematika dasar nan terdiri dari tambah, kurang, kali, dan kerjakan.

Sebelum masuk ke tahap operasi bilangan, elo lebih dulu harus mempelajari kosa pengenalan yang berkaitan dengan angka dalam bahasa Korea.

  • Tambah (+) kerumahtanggaan bahasa Korea disebut
    deo-ha-gi.
  • Sedikit (-) dalam bahasa Korea disebut
    bbae-gi.
  • Pergandaan atau kali (X) dalam bahasa Korea disebut
    gob-ha-gi.
  • Pencatuan atau untuk ( : ) dalam bahasa Korea disebut
    na-nu-gi.
  • Sama dengan (=) dalam bahasa Korea disebut
    eun
    atau
    neun.

Jadi kalau kita kepingin menghitung angka privat bahasa Korea, misalnya 2 + 2 = 4, gimana ya?

Caranya, pertama kita pecah tinggal masing-masing skor dalam bahasa Korea. Oh iya, dalam berbuat persuasi hitung, orang Korea lebih banyak menggunakan sistem bilangan Sino-Korea.

  • 2 internal sistem bilangan Sino Korea adalah
    i.
  • Tambah (+) dalam bahasa Korea disebut
    deo-ha-gi.
  • Seperti (=) n domestik bahasa Korea disebut
    eun
    ataupun
    neun.
  • 4 n domestik sistem bilangan Sino Korea adalah
    sa.

Maka cara mendaras angka privat bahasa Korea ialah: i deo-ha-gi i neun sa
yang artinya dua ditambah dua seperti empat.

Prinsip ini juga bertindak untuk menghitung angka intern bahasa Korea dalam operasi pengurangan, perbanyakan dan pembagian, contohnya adalah seumpama berikut:

  • 5 – 3 = 2 cara mengaji angka dalam bahasa Koreanya adalah:
    udara murni bbae-gi sam-eun i.
  • 4 x 2 = 8 mandu mengaji kredit intern bahasa Koreanya adalah:
    sa gob-ha-gi i-neun pal.
  • 9 : 3 = 3 cara mengaji angka dalam bahasa Koreanya yakni:
    gu na-nu-gi sam-eun sam.

Materi cara membaca ponten dalam bahasa Korea termasuk materi yang utama karena di umur sehari-periode pun elo gak akan bisa lepas pecah angka kan?

Apalagi kalo elo punya cita-cita untuk bersekolah atau dapet darmasiswa di Korea, selain materi mengenai angka intern bahasa Korea, elo juga harus boleh menuntaskan percakapan dan grammar dalam bahasa Korea.

Kalo di bahasa Inggris mungkin lo udah selalu denger istilahTest of English as a Foreign Language (TOEFL). Nah, kalo tes bahasa Korea disebutnya sebagaiTest of Proficiency in Korean (TOPIK).

Tes TOPIK ini berfungsi kerjakan mengukur kemampuan mendaras, mendengar, berbicara dan pemahaman non-native speaker privat bahasa Korea.

Dengan tanggulang TOPIK, kesempatan elo masin lidah di jamiah dan mendapatkan beasiswa di Korea akan makin besar.

Oke segitu dulu penjelasan gue mengenai angka dalam bahasa Korea. Gimana? Ternyata gak susah kan? Sekarang gak galau kembali deh kalo nonton drakor atau
variety show
oppa dan noona idol kesayangan tapi ada nan prinsip ngitungnya pake
hana, dul, set
atau
il, i, sam.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya
chingudeul~ ddo ma nna yo!


Referensi:

Counting Numbers in Korean – Korean Fluent (2021)
Unit 6 Lessons – How to Study Korean (2020)
Korean Learning, Korean Number – Optilingo (2020)

Originally published:

Januari 26, 2022


Updated by:
Silvia Dwi

Source: https://www.zenius.net/blog/angka-dalam-bahasa-korea




banner

×