Beberapa hal yang tetap harus diperhatikan oleh pewawancara (peneliti) saat melakukan wawancara

by -13 views


Beberapa hal yang teguh harus diperhatikan oleh pewawancara (penyelidik) saat mengamalkan wawancara antara lain; beraksi simpatik, bersikap independen, bersikap ranah, menganggap pendapat nan diwawancarai penting, dan memakai bahasa nan baik dan moralistis.


Coba terangkan dan beri lengkap tiga situasi tersebut!​

Pembahasan<\/strong><\/p>

Wawancara <\/strong>adalah kegiatan soal jawab yang dilakukan antara pewawancara dengan narasumber untuk menemukan sebuah fakta informasi yang dimiliki maka itu narasumber. Hasil soal jawab pada umumnya disimpan intern bentuk audio, video dan karangan.<\/p>

<\/p>

Pelajari bertambah lanjur<\/strong><\/p>

Materi adapun konsultasi https:\/\/brainly.co.id\/tugas\/2080849<\/p>

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1<\/strong><\/p>

<\/p>"}]”>

Bilang sikap pewawancara atau peneliti saat melakukan wawancara:

  1. Beraksi simpatik artinya sikap yang ditunjukkan makanya koteng pewawancara plong narasumber
    enggak dapat menentang

    apa yang disampaikan oleh narasumber sehingga narasumber tidak merasa terancam, nyaman dan menjadikan pengetahuan dan fakta yang cak hendak diungkapkannya menjadi releven dan tidak dibuat-buat. Acuan: momen menanyakan perkara seks bebas kepada PSK, pewawancara tidak menghujat yang diwawancarai dan bertanya seakan-akan peduli dengan narasumber. Model tanggapan pewawancara ketika mendengar penderitaan PSK: Jadi pekerjaan ini adalah pekerjaan yang sangat sulit bagi diri sira sahaja tuntutan semangat lah yang membentuk sira memilihnya.
  2. Berpose netral artinya kalimat yang dilontarkan pewawancara tidak bisa menyebelahi
    baik sebagai kontra maupun pro sungguhpun secara pribadi pro maupun kontra terhadap ucapan narasumber. Eksemplar: pewawancara tidak boleh mengatakan: etis yang kamu bilang, barang apa yang sira katakan itu salah
  3. menganggap pendapat yang diwawancarai penting artinya pewawancara harus memberikan kesan bahwa pewawancara
    menghargai narasumber
    dengan memberikan ekspresi serius dan beriktikad dengan barang apa yang disampaikan narasumber. Model: saat narasumber menceritakan bencana diwilayahnya, pewawancara memberikan mimik wajah sedih.

Pembahasan

Dengar pendapat
adalah kegiatan tanya jawab yang dilakukan antara pewawancara dengan narasumber lakukan menemukan sebuah fakta permakluman nan dimiliki oleh narasumber. Hasil konsultasi pada galibnya disimpan dalam rang audio, video dan coretan.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang soal jawab brainly.co.id/tugas/2080849

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1