bantu lagi ya Perhatikan data berikut ! (1) Dikenal sebagai planet Merah. (2) Mempunyai cincin yang

Berlandaskan pernyataan-pernyataan di atas, yang termuat ciri-ciri planet Mars adalah
(
1
)


Dikenal umpama planet merah
dan
(
4
)


L
etaknya dekat Bumi. Adapun planet nan memiliki cincin nan luhur adalah planet Saturnus, sementara itu bintang siarah nan dihuni oleh makhluk hidup adalah bintang beredar Marcapada.

Penjelasan

Manajemen Surya
terdiri dari bintang, komet, bintang beredar, asteroid, dan benda-benda langit lainnya yang takhlik sistem. Pusat tata surya kita yakni Surya. Menurut para astronom terdapat okta- planet nan mengerubuti Rawi. Bintang beredar-planet tersebut adalah Utarid, Zohrah, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Kedelapan planet tersebut dibagi menjadi
Satelit Privat
dan
Bintang beredar Luar. Planet dalam adalah planet nan terdapat antara Surya dan bengkung asteroid. Yang termasuk planet dalam, merupakan Merkurius, Bintang timur, Marcapada, dan Mars. Sebaliknya, planet luar merupakan planet yang terletak di asing sabuk asteroid. Paradigma planet luar seperti Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Ketika satelit mengelilingi Matahari, planet mengalami
Titik Perihelium
dan
Noktah Aphelium. Titik perihelium ialah tutul terhampir planet dari Matahari, sementara itu tutul aphelium yaitu titik terjauh dari Matahari. Sehubungan dengan adanya posisi bintang siarah dari Syamsu,

Johannes Kepler

menyatakan pendapatnya yang dikenal dengan nama
Hukum Kepler. Berikut ini penjelasan tentang syariat Kepler.

  1. Hukum I Kepler berbunyi, “Orbit atau pelintasan setiap planet yang mengerubuti Rawi berbentuk bulat telur dan Matahari terletak pada keseleo satu titik api oval tersebut“.
  2. Hukum II Kepler berbunyi, “Garis khayal yang menghubungkan planet dengan Surya selama diseminasi planet akan melewati rataan yang luasnya sama dan waktunya sama“.
  3. Hukum III Kepler berbunyi, “Kuadrat kala revolusi planet-planet berbanding lurus dengan tahapan tiga jarak rata-rata planet berbunga Matahari“.

Bersendikan penjelasan di atas, hukum III Kepler dirumuskan privat persamaan berikut.

Keterangan:

T
= Hari planet

R
= Jarak kebanyakan antara Rawi dan planet

Jika persamaan di atas dihubungkan dengan dua buah planet yang sejajar-sama mengelilingi Surya, dapat dituliskan melangkahi rumus berikut.

\boxed{ {( \frac{ T_{1}}{T_{2}} )}^{2} = {( \frac{ R_{1}}{R_{2}} )}^{3} }

Selain berbuat sirkulasi (peredaran terhadap Matahari), bintang beredar juga mengalami gerak rotasi (getak berputarnya satelit pada porosnya). Lama waktu satelit untuk berbuat satu episode rotasi dinamakan
Periode Rotasi.

Berdasarkan Dunia sebagai pembatasnya, planet dikelompokkan
Planet Kelas
dan
P
lanet

S
uperior. Satelit inferior adalah planet nan terletak diantara Bumi dan Mentari. Hipotetis planet inferior, yaitu bintang siarah Merkurius dan planet Venus. Mengenai planet superior adalah planet yang terletak di luar garis edar Marcapada mengelilingi Rawi. Contoh planet luar seperti bintang beredar Marikh, planet Jupiter, bintang beredar Zohal, planet Uranus, dan satelit Neptunus.

Beralaskan ukuran dan komposisi bahan penyusunnya, bintang beredar-bintang siarah dikelompokkan menjadi
Bintang siarah Terestrial
dan
Planet Jovian. Planet Terestrial adalah bintang siarah yang matra dan komposisinya mirip dengan Bumi. Contoh berasal planet terestrial yakni Utarid, Venus, Dunia, dan Mars. Sementara itu, planet Jovian merupakan satelit yang ukurannya besar dan komposisinya mirip dengan planet Jupiter. Contoh planet Jovian adalah Jupiter, Zohal, Uranus, dan Neptunus.

Jika masih ada yang kurang jelas & cak hendak ditanyakan, silahkan bertanya melewati ruangan komentar ya (◠‿・)—☆

Pelajari Kian Lanjut

Teori Pembentukan Tata Matahari → brainly.co.id/tugas/5662257

Anggota Sistem solar → brainly.co.id/tugas/14517802

Ikatan Matahari → brainly.co.id/tugas/10879920

Detail Jawaban

Netra Pelajaran: Fisika

Kelas: 9 SMP

Materi: Bimasakti

Perkenalan awal Pusat: Planet Mars, Anggota Tata Surya

Kode Pertanyaan: 6

Kode Kategorisasi: 9.6.6




banner

×