Bagaimana Cara Mengatasi Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi

Keyboard yaitu salah suatu komponen laptop yang cukup rawan mengalami kebinasaan. Mulai bermula tombol nan salah memasukkan karakter, bukan berfungsi sebagian, setakat tidak berfungsi seluruhnya. Maka dari itu kali ini Carisinyal akan mengulas beberapa cara merevisi keyboard laptop nan rusak tersebut.

Biasanya untuk memperbaiki keyboard yang rusak kita harus mencerna terlebih adv amat penyebabnya, apakah tersiram air, terkena abuk, dan lainnya. Tetapi sayangnya terkadang keyboard laptop sering error secara tiba-tiba tanpa diketahui secara pasti segala apa penyebabnya.

Jika sudah serupa itu maka secara otomatis kita harus mengepas beberapa langkah pembaruan sementara serampak mengira-ngira apakah penyebab kerusakannya tersebut. Nah, berikut yaitu beberapa langkah restorasi provisional tersebut yang dapat Sira lakukan di rumah sebelum mengakhirkan untuk membawanya ke tempat servis.

1. Restart Laptop

Merestart laptop merupakan langkah pertama yang wajib Anda lakukan sebelum mengerjakan tindakan lainnya. Merestart laptop bisa membetulkan ratusan problem pada sistem persuasi secara langsung. Takdirnya tidak bisa direstart, Anda dapat menindihkan tombol power selama beberapa detik hingga laptop tersebut antap. Takdirnya setelah direstrat masalah masih terserah, maka silahkan coba langkah-anju berikutnya.

2. Telaah Num Lock

numlock keyboard

* mata air: pxhere.com

Keyboard yang enggak berfungsi dengan baik terkadang secara tidak disengaja disebabkan makanya kita sendiri. Salah satu yang paling mahajana terjadi adalah aktifnya Num Lock akibat kita menekan kombinasi pentol tertentu. Ketika Num Lock aktif, maka karakter yang keluar biasanya farik dengan tombol nan ditekan.

Untuk mematikan Num Lock tersebut, silahkan tekan kenop “Fn” dan “NumLk” di keyboard secara bersamaan. Untuk beberapa jenis laptop, menekan “Capas Lock” dan “NumLk” kembali boleh mematikannya. Silahkan hubungi customer support berpunca penggubah laptop Engkau untuk memafhumi cara mematikan Num Lock jika kedua wasilah di atas bukan berfungsi.

3. Ki aib Driver

Masalah pada driver kembali bisa menyebabkan keyboard bukan berfungsi dengan baik. Menurut PCMag, hal tersebut biasanya terjadi ketika Anda menginstal software pihak ketiga, terkena virus, dan lainnya. Untuk mengeceknya, silahkan buka Device Manager kemudian lihatlah bagian keyboard.

Sekiranya di sana terdapat tera segitiga sama kaki berwarna kuning, maka dipastikan driver keyboard tersebut mengalami ki aib. Silahkan download driver terbarunya di situs penggubah laptop yang Anda miliki. Cara ini pun boleh Engkau lakukan jika keyboard tidak terdeteksi oleh laptop.

4. Bakal System Restore

system restore

Jika Anda yakin bahwa keyboard tidak berfungsi dengan baik selepas menginstal suatu program, maka cobalah bakal mengerjakan system restore. Caranya bagi Windows 8 dan Windows 7, buka Berangkat Menu kemudian search “Recovery”. Sedangkan bikin Windows XP klik Tiba → All Programs → Accessories → System Tools, lalu pilih System Restore.

Dengan melakukan system restore ini maka laptop Ia akan kembali puas hal sebelum Anda menginstal program bermasalah tersebut. Berbagai program yang diinstal setelah menginstal program bermasalah tersebut akan secara otomatis hilang. Oleh karena itu, back up justru dahulu beraneka macam data yang utama sebelum melakukannya.

5. Bersihkan Bubuk dan Kotoran

membersihkan keyboard laptop

* sumber: www.pexels.com

Salah satu penyebab yang paling sering menyebabkan kerusakan pada laptop adalah serbuk dan berak. Debu dan kotoran tersebut kebanyakan terselip di antara tombol keyboard sehingga akan membentangi onderdil di dalamnya. Semakin tua laptop Ia, maka umumnya semakin banyak sekali lagi kotorannya.

Cara termudah kerjakan membersihkannya merupakan dengan memesongkan alias membalikan laptop hingga 45 sampai 75 derajat sambil menggoyangkannya. Sira juga dapat menggunakan pembersih khusus untuk keyboard yang biasanya konkret vacuum mungil lakukan membedakan debu.

Kalau keyboard laptop Ia tidak berfungsi karena tersiram air, maka Dia harus menjernihkan bagian dalamnya. Copotlah tombol-tombolnya dan kemudian bersihkan papan sirkuitnya dengan menunggangi perca halus ataupun cotton buds nan telah diberi sedikit alkohol.

Mengecualikan tombol-tombol lega keyboard memang cukup sulit dan membutuhkan kepiawaian tertentu. Jika Kamu belum menguasainya maka bertambah baik lakukan lain melakukannya karena bisa jadi lebih lagi akan menambah kerusakan plong keyboard laptop tersebut.

6. Lepas Aki Laptop

baterai laptop

* perigi: commons.wikimedia.org

Apabila terdapat sejumlah kenop di keyboard laptop yang tak berfungsi, cobalah kerjakan melakukan reset. Dengan pendirian ini galibnya keyboard yang tidak berfungsi akan pun absah seperti sedia kala. Caranya merupakan umpama berikut:

  • Shut down laptop.
  • Keluarkan baterai dan benang tembaga adapter, lalu diamkan selama 1 menit.
  • Tekan dan tahan pentol power selama 60 detik.
  • Akuisisi kembali baterai.
  • Hidupkan kembali laptop.

7. Konektor Tanggal

ribbon keyboard

Penyakit keyboard yang tidak terdeteksi biasanya dapat diatasi dengan menginstal driver. Doang sekiranya keyboard Ia masih belum terdeteksi, maka kemungkinan besar terdapat masalah pada konektornya, seperti rusak, tertekuk, renggang, maupun malah bisa sampai rontok.

Source: https://carisinyal.com/cara-memperbaiki-keyboard-laptop/




banner

×