Apa Yang Anda Butuhkan Untuk Menggunakan Linux?

Apa Yang Anda Butuhkan Lakukan Menunggangi Linux?
– Apakah Engkau mutakadim bosan dengan sistem operasi Windows yang Anda gunakan waktu ini? Apakah Anda mutakadim sering mendapati kebobrokan saat menggunakan Windows? Sudah bosan komputer jinjing Anda di serang oleh virus? Dan, yang makin penting, apakah Anda pertalian mendengar tentang Linux dan tertarik lakukan mencobanya? Jika demikian, Ia mungkin bertanya-pertanyaan segala yang diperlukan bagi beralih menggunakan Linux. Mari kita pelajari kian lanjur tentang apa yang Kamu butuhkan ketika ingin pindah menggunakan Linux OS?

Baca : 8 Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan Linux

Perangkat gigih (Hardware)

Komputer jadul linux OS

Distro Linux ataupun distribusi Linux beradab mendukung berbagai perangkat keras mesin komputer, berpangkal yang lama setakat yang baru. Itu salah satu berpokok banyak kelebihan di mana Linux lebih baik dibanding sistem operasi nan bukan. Karena terserah banyak distro nan memiliki persyaratan sistem hardware nan suntuk cacat (seperti CPU yang abnormal abadi, RAM lebih minus, dan hard drive yang lebih kecil), Linux boleh menghidupkan kembali perangkat keras komputer jinjing Ia nan makin lama, membuat komputer jinjing lama Ia terasa sebagai halnya baru lagi. Bintang sartan apakah Anda memiliki PC atau laptop dengan spesifikasi jadul, atau spek komputer baru yang gahar, maka Linux akan berfungsi baik pada keduanya.

Dengan beberapa pengecualian, Ada tiga masalah yang dapat Engkau temui:

  • Video
  • Wireless
  • Bluetooth

Untuk ketiga hal diatas pasti peluangnya tipis lakukan boleh Anda nikmati dan mungkin Kamu akan punya masalah, karena distribusi bertamadun n kepunyaan kata perangkat keras nan luar baku. Cuma, beberapa chip NVIDIA dan AMD GPU terkini (kebanyakan digunakan lakukan main-main game) tidak besar perut didukung 100%. Namun, ini akan menjadi hal jarang ketika Anda menemukan video card yang tak berfungsi.

Masalah lainnya ialah chip wireless. Juga, sebagian besar didukung, terutama dengan distribusi populer yang lebih baru. Jika Anda menyedang meletuskan arus Linux nan kurang umum, Beliau mungkin menemukan wireless Anda bermasalah. Jika itu terjadi, cobalah riuk satu distro linux yang makin populer (begitu juga Ubuntu, Elementary OS, atau Linux Mint).

Masalah terakhir yang barangkali Ia temui adalah bluetooth. Seharusnya berfungsi, tetapi tidak selalu dapat diandalkan. Jadi, alih-alih menggunakan keyboard dan mouse bluetooth, cobalah untuk menggunakan periferal standar terlebih suntuk untuk menghindari kelainan yang kelihatannya terjadi begitu juga tidak berfungsi.

Perangkat keras berikutnya yang diperlukan ialah media bagi menginstal (atau menjalankan) Linux di sistem Anda. Jika Kamu menggunakan perangkat komputer nan lebih tua dengan drive CD / DVD, maka Anda akan siap menggunakan linux. Namun, jika Anda menunggangi mesin tanpa drive seperti itu, maka komputer Kamu harus mendukung flash drive USB yang menimbuk paling kecil 4GB. Dengan metode flash drive USB, Anda juga harus dapat mengakses BIOS komputer ataupun menu booting. Bagaimana Sira melakukan ini tersidai pada komputer jinjing Anda. Setelah Ia mengakses menu boot, pindahkan opsi USB ke kata kepala pertama.

Bakal informasi selanjutnya tentang peranti keras yang didukung, Anda dapat menyibuk lebih-lebih lewat adapun publikasi tentang Database Linux Hardware atau Daftar Kompatibilitas Linux Hardware.

Radas kepala dingin (Software)

Instal ubuntu 1a

Sekiranya semua persyaratan perangkat berkanjang komputer Ia sudah terkabul, masa ini saatnya untuk berangkat melihat organ lunak (software). Ada cukup banyak Distro Linux buat dipilih dan sebagian besar mereka adalah gratis. Bikin mereka yang bau kencur sahaja mulai, saya sangat menyarankan bagi Beliau lakukan memilih Ubuntu Linux, Deepin Linux, OS Basic, atau Linux Mint. Salah satu berpangkal empat sirkuit tersebut adalah seleksian bagus bagi pengguna Linux pemula.

Dua soal pertama yang akan muncul di benak Dia adalah, “Bagaimana Sira cara menginstal Linux di komputer jinjing Beliau?” Dan Anda tidak mesti kawatir karena bakal melakukan itu tidaklah sulit.

Mula-mula-tama, menginstal sistem operasi Linux hampir tak seseram seperti nan Anda pikirkan. Sebagian ki akbar, cara menginstal linux selevel saja seperti mana ketika menginstal OS lain, Anda hanya terbiasa klik dan klik dan menjawab beberapa pertanyaan terlambat. Belaka, ada suatu aspek Linux yang tidak biasa digunakan makanya pengguna komputer: “Live dstribution.” Live Distribution namun memungkinkan Kamu bikin menjalankan OS Linux dari drive USB (atau CD / DVD) tanpa benar-benar menginstal sistem aksi pada komputer Anda.

Live Distribution cuma memungkinkan Anda untuk mencoba Linux tanpa membuat perubahan segala pun plong sistem Anda masa ini. Ketika Anda mem-boot distribusi Linux live (sama dengan Ubuntu), Anda akan disajikan layar nan menanyakan apakah Dia ingin mengepas atau menginstal. Klik tombol “Try” dan desktop akan dimuat. Anda kemudian dapat memperalat sistem operasi seolah-olah itu diinstal pada perangkat komputer Beliau, meskipun pada dasarnya tidak dan tetap dijalankan sreg USB atau CD Engkau perumpamaan hardisk dan pemrosesan semuanya berjalan dari RAM, jadi tergantung pada berapa banyak RAM di sistem Kamu, itu mungkin nada-nadanya bepergian sedikit lebih lambat mulai sejak yang Kamu harapkan. Tapi takdirnya Kamu menjalankan Linux dengan terinstal di komputer Beliau maka akan bepergian dengan cepat.

Unetbootin 2

Puas bintik ini, Beliau mungkin menyoal pada diri koteng, “Tapi bagaimana cara untuk mendapatkan distro live pada drive USB flashdisk?” Untungnya, suka-suka alat yang bisa mencopy Image disk (ini dikenal sebagai ISO) ke drive USB sedemikian rupa. cara membuat instance bootable pecah sistem operasi. Salah satu nan paling populer disebut Unetbootin (tersedia bikin Linux, Windows, dan macOS). Dengan Unetbootin, Anda dapat mengegolkan drive USB Sira, membeda-bedakan distro linux yang ingin Ia instal, dan klik OK. Setelah Image ditulis ke drive, Engkau kemudian dapat memasukkan drive ke privat perangkat komputer Anda, mem-bootingnya, dan menjalankan distribusi live (alias menginstalnya minus mencobanya justru dahulu). Jika Ia menemukan sirkulasi yang ingin Anda coba bukan terdaftar kerumahtanggaan daftar Distribusi di Unetbootin, Anda dapat mengunduh file ISO bagi versi Linux yang Dia inginkan dan menginstal Unetbootin pecah file nan diunduh.

Baca : 10+ Software Gratis Terbiasa Anda Install di Linux Ubuntu

Setelah Ia menginstal Linux, Anda akan menemukan semua software nan perlu Anda gunakan di distro app store. Dengan sistem operasi dan semua permintaan yang diperlukan dapat Kamu instal dan jalankan, dan terakhir Anda siap terjun ke marcapada Linux dan software open source. Sira akan mendapati komputer jinjing Anda bepergian menggunakan sistem kampanye linux yang keren, kerukunan dan terbebas semenjak virus, dan yang paling penting Ia bisa menjalankan perangkat komputer lama Ia secara stabil tanpa terbiasa mengupgrade.

Anda Tertolong artikel ini? Silahkan bergabung dengan centerklik di Twitter dan Google+.


Source: https://www.centerklik.com/yang-anda-butuhkan-menggunakan-linux/

Posted by: hoqki.com




banner

×