Ajaran Hindu Dan Budha Diterima Oleh Masyarakat Indonesia Karena

1. Belum Mempunyai Agama

Rakyat Indonesia telah mengenal kepercayaan dinamisme dan animisme tapi belum memiliki agama. Ilham Hindu memiliki sendi tarik spesial, sehingga banyak rakyat Indonesia yang kemudian mempelajarinya. Bukti atas kohesi rakyat Indonesia dalam mempelajari agama Hindu merupakan adat aktif rakyat Indonesia untuk mempelajarinya termaktub datang langsung ke India.

2. Sifat Ramah dan Terbuka

Rakyat Indonesia dikenal karena masyarakatnya yang ramah dan ternganga. Masuknya agama Hindu  ke Indonesia dapat diterima dengan terbuka tanpa adanya suatu penampikan. Keterbukaan inilah yang menjorokkan munculnya interaksi sosial yang menjadikan penyebaran agama Hindu di Indonesia semakin mudah dan lebih cepat meluas.

3. Persamaan Budaya

Sebelum masuknya agama Hindu, rakyat di Indonesia menganut ajudan animisme dan dinamisme. Kejadian ini terbukti dengan banyak ditemukannya punden-punden berundak bagaikan sebuah bangunan yang disucikan. Kepercayaan Hindu memiliki kemiripan dengan peradaban tersebut.

4. Yuridiksi Penguasa

Pada masa itu, penguasa termulia harus dipatuhi. Penyebaran agama Hindu di Indonesia didukung munjung oleh para penguasa di Indonesia. Sehingga saat penguasa memerintahkan rakyatnya untuk memeluk agama Hindu maka seketika itu, rakyat akan tunduk dan mengerjakan perintah tersebut. Dengan menuruti perintah penguasa dianggap akan mendapatkan berkah eksklusif kerjakan dirinya dan keluarganya, sehingga damping seluruh rakyat Indonesia tidak ada nan bukan tunduk. Dengan dukungan inilah penyebaran agama Hindu semakin mudah.

Dengan demikian, agama Hindu boleh masin lidah di Indonesia karena masyarakat Indonesia nan belum beragama terbuka terhadap transisi dan tunduk kepada pemimpinnya

Source: https://roboguru.ruangguru.com/question/mengapa-agama-hindu-dapat-diterima-di-indonesia-_QU-SCCXN67L




banner

×