6.jatuhnya konstantinopel ke tangan turki telah mendorong orang-orang eropa untuk mencari jalan ke

by -15 views


6.jatuhnya konstantinopel ke tangan turki telah mendorong orang-orang eropa untuk mencari jalan ke timur sehingga mengedepankan jalur pelayaran yunior, yakni

<\/p>

Pada masa itu pun para penjelajah mulai sejak Portugis melanjutkan penjelajahannya ke negeri Selatan India hingga nantinya bertemu dengan gugusan pulau Nusantara. Portugis pada awalnya melakukan ekspedisi dan singgah di area pesisir Timur Sumatera, hingga nantinya mereka berlayar di Selat Malaka dan menundukkan kota itu pada 1511. Dengan demikian bangsa Portugis telah ulung menjelajahi samudera dan menemukan Dunia Timur sebagai ki akal penghasil rempah-rempah.<\/p>"}]”>

Berlayar melangkahi ujung India Selatan

Penjelasan:

Jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki Utsmani telah memicu semangat penelitian Eropa mengelilingi mayapada, menemukan kronologi tak menuju Dunia Timur. Seandainya Bangsa Spanyol setelah berhasil merebut pun wilayah Andalusia dari tangan suku bangsa Orang islam memlih bikin menyinambungkan “Perang Kayu palang” dengan cara menjelajahi Mayapada Mentah, Portugis sejak kemunculannya bertekad menggeser pengaturan Mukminat atas kolek perdagangan rempah-rempah berpangkal India dan Asia Timur.

Penjelajah samudera pangkal Portugis adalah Vasco da Gama melalui Tanjung Harapan pada 1497 dahulu menyusuri pantai Timur Afrika menyentuh Malindi, dekat Zanzibar. Di sana, Vasco da Gama mendapati Ahmad Ibnu Majid, navigator Arab nan juga pengarang kitab navigasi. Ibnu Majid membantu armada Portugis mengarungi Lautan Hindia dan sampai ke Calicut di pesisir barat India, pusat perdagangan rempah-rempah dari Timur. Armada Portugis juga mendirikan koloni di sejauh rute mereka menuju India. Di sepanjang pelayaran, mereka comar memerangi ii kabupaten-kota Arab ataupun Muslim yang sebelumnya merajai jalur pelayaran itu.

Pada masa itu sekali lagi para penjelajah dari Portugis menyinambungkan penjelajahannya ke wilayah Selatan India hingga nantinya antuk dengan kepulauan Nusantara. Portugis sreg awalnya mengerjakan ekspedisi dan mampir di kewedanan pesisir Timur Sumatera, sampai nantinya mereka berlayar di Selat Malaka dan menaklukkan daerah tingkat itu pada 1511. Dengan demikian bangsa Portugis telah berjaya mengarungi samudera dan menemukan Dunia Timur sebagai sosi penghasil rempah-rempah.