5 contoh ketampakan alam wilayah perairan beserta ciri-cirinya​

Jawaban:

1. Sungai

Batang air adalah aliran besar yang terbimbing karena proses pan-ji-panji. Wai memiliki ciri-ciri bergerak berpunca dataran tinggi menuju dataran nan lebih cacat, mengandung air tawar, dan berbentuk mundur, berkelok, dan bercabang.

2. Danau

Danau memiliki ciri-ciri genangan air yang suntuk luas yag dikelilingi daratan. Danau dapat dipandang sebagai medan pembendungan (menara air) air tawar di darat plong ketinggian tertentu di atas permukaan laut. Tasik terbentuk karena salakan gunung alias rayapan tanah nan membuat cekungan yang terisi maka dari itu air hujan angin.

3. Selat

Selat yaitu sebuah wilayah perairan yang nisbi sempit diantara dua pulau nan berfungsi andai pemisah dan penghubung antar pulau. Selat memiliki ciri-ciri terletak antara dua pulau dan menjorok ke arah daratan.

4. Teluk

Teluk memiliki ciri-ciri daratan pada sebelah-sisinya yang menjorok ke arah daratan. Pada galibnya teluk terlindungi maka itu daratan yanng menjorok ke laut.

5. Laut dan Lautan

Laut adalah sekumpulan air di permukaan bumi, mengakurkan atau menghubungkan pulau ataupun negara. Darurat samudra yaitu bentangan air yang menutupi cekungan nan sangat luas mengelilingi daratan atau benua. Ciri-ciri laut dan samudra ialah airnya berasa masin dan habis dalam.




banner

×