10.mengapa gerakan g 30 s/pki mengakibatkan jatuhnya pemerintahan orde lama

by -17 views


10.mengapa persuasi g 30 s/pki mengakibatkan jatuhnya tadbir orde lama

Protes keras ini hingga ke puncaknya pada saat pelantikan Kabinet Dwikora lega rontok 24 Februari 1966. Mahasiswa melakukan boikot, mereka menentang dan memprotes pelantikan kabinet tersebut. Protes tersebut mendapatkan dukungan mumbung dari tentara, mereka mengepung Kastil Kepresidenan dan menyuarakan Tritura (Tri Tuntutan Rakyat).<\/p>

<\/p>

Pelajari lebih lanjut <\/p>

Materi mengenai pengertian orde lama dapat dipelajari plong link https:\/\/brainly.co.id\/tugas\/11079044<\/p>

<\/p>

#BelajarBersamaBrainly <\/p>

#SPJ4<\/p>"}]”>

Gerakan G30S/PKI
menjadi salah suatu situasi sejarah pahit bagi pemerintahan negara Indonesia saat itu. PKI atau Puak Komunis Indonesia momen itu cak hendak menukar ideologi bangsa Indonesia, semenjak ideologi pancasila menjadi ideologi komunis. Yang kemudian karena peristiwa ini, kepemimpinan Soekarno mulai melindang, pasca- peristiwa berbakat ini Soekarno dihadapkan sreg tuntutan mahasiswa dan tentara.

Pembahasan :

Gerakan G30S/PKI usai terjadinya peristiwa ini atau G30S/PKI, kekuasaan Soekarno pun terus mendapat tekanan, terutama berasal mahasiswa dan tentara yang menuntut pertanggung jawaban. Kesatuan mahasiswa dan pemuda pada detik itu menilai Soekarno seumpama atasan pemerintahan Orde Lama harus ditumbangkan.

Protes keras ini menyentuh puncaknya pada saat pelantikan Kabinet Dwikora pada tanggal 24 Februari 1966. Mahasiswa melakukan boikot, mereka menentang dan memprotes pelantikan lemari kecil tersebut. Protes tersebut mendapatkan dukungan munjung dari armada, mereka mengepung Kastil Kepresidenan dan mendayukan Tritura (Tri Tuntutan Rakyat).

Pelajari seterusnya

Materi tentang pengertian orde lama dapat dipelajari puas link brainly.co.id/tugas/11079044

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ4